Selasa 12 November 2019, 22:20 WIB

Menunggu Relokasi PKL Pasar Senen

Menunggu Relokasi PKL Pasar Senen

MI/Bary Fathahilah
PKL Pasar Senen

 

FENOMENA thrift shopping atau berburu sandang bekas seolah tak pernah kehabisan pamornya. Jakarta juga punya Pasar Senen sebagai lokasi termasyhur untuk thrifting.

Namun, kebakaran hebat pada Januari 2017 mengha-nguskan bangunan Pasar Senen. Para pedagang pun kehilangan tempat untuk berjualan sehingga mereka lantas memanfaatkan trotoar, bahkan bahu jalan untuk berjualan di bekas lokasi Pasar Senen.

Beragam jenis sandang bekas yang ditawarkan, antara lain dompet, celana, kemeja, hingga setelan jas lengkap.

Migrasi para pedagang dari dalam pasar ke trotoar ternyata tak mengurangi minat masyarakat untuk membeli. Mereka tetap asyik berbelanja walau aktivitas jual-beli mengganggu pengendara lain. Setidaknya itulah pendapat Ridwan, 24, saat ditemui Media Indonesia di lokasi pada Senin (11/11).

"Enggak masalah sih. Sama sekali enggak masalah awul-awulan beli barang seken di pinggir jalan. Asal jangan di tengah jalan aja sih dan yang saya liat selama ini enggak crowded-crowded pisan sih karena sudah dijaga sama Satpol PP juga. Lalu lintasnya juga pasti udah diaturlah sama mereka. Kalaupun ini ngeganggu, pasti enggak akan di sini lagi. Itu aja sih," bubuh Ridwan.

Wacana pemanfaatan trotoar untuk para PKL sedang digodok Pemprov DKI Jakarta. Gubernur DKI Anies Baswedan sedang mengusahakan agar para PKL dapat berjualan di trotoar.

Kepala Satpol PP Kecamatan Senen, E Sunaryo, mengatakan pihaknya hanya mampu melakukan penjagaan mulai 08.00 hingga 21.00 WIB dan meminimalkan lalu lintas agar PKL tidak mengokupasi jalanan.

Kepala Satpol PP DKI, Arifin, menegaskan keberadaan PKL di Pasar Senen hanya bersifat sementara. "Dalam waktu dekat akan segera dicarikan solusi untuk merelokasi para pedagang," kata Arifin melalui keterangan tertulis.

Menurut Sunaryo, para PKL rencananya akan direlokasi ke Pasar Paseban dan Pasar Kenari. Namun, harus dilakukan pembenahan dan sosialisasi terlebih dahulu.

Relokasi PKL ke pasar lain sebenarnya bukan hal baru. Menurut penuturan seorang pedagang yang tidak mau di-sebutkan namanya, dia pernah dipindah ke Pasar Kenari. "Tapi enggak laku. Akhirnya, saya dan teman-teman balik lagi ke sini sebab orang-orang akan kembali ke Senen kalau mencari sandang bekas." ungkapnya. (Tri/J-2)

Baca Juga

MI/Ramdani

Anies: Pandemi, Satu Juta Orang di Jakarta Bekerja dari Rumah

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 19:47 WIB
Orang-orang sekarang bebas bersepeda di pagi hari sebelum berangkat kerja atau kadang berangkat kerja dengan...
MI/ANDRI WIDIYANTO

PSBB Transisi, Taman Margasatwa Ragunan Masih Sepi Pengunjung

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 16:48 WIB
Di hari Sabtu pekan lalu jumlah orang yang datang berada di kisaran 800 pengunjung dan Minggu pekan lalu mencapai 1.500...
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Anies: Covid -19 Justru Membuka Peluang Dunia Digital

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 15:53 WIB
Pandemi justru membuat kegiatan masyarakat lebih leluasa lantaran kegiatan dilakukan secara daring, masyarakat lebih bebas memilih...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya