Selasa 12 November 2019, 17:27 WIB

Prabowo akan Konfirmasi Status Rizieq ke Dubes Saudi

Rudy Polycarpus | Politik dan Hukum
Prabowo akan Konfirmasi Status Rizieq ke Dubes Saudi

AFP
Rizieq Shihab

 

MENTERI Pertahanan Prabowo mengaku belum mengetahu perihal status keimigrasian Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab di Arab Saudi. "Nanti saya pelajari dulu. Saya belum dengar," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (12/11).

 

Jawaban senada juga disampaikan Prabowo soal tudingan Rizieq yang menyebut pemerintah Indonesia meminta pemerintah Arab Saudi agar mencegahnya untuk kembali ke Jakarta.

Ia akan coba membawa masalah Rizieq ini saat bertemu dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Althagafi di kantornya. "Mudah-mudahan. Nanti kami lihat," ujarnya.

 

Baca juga: Mahfud Tantang Rizieq Shihab Buktikan Dicekal Pulang ke Tanah Air

 

Dalam video yang dipublikasikan di YouTube, Rizieq menunjukkan dua lembar kertas yang ia sebut sebagai surat pelarangan dirinya keluar dari negeri itu. "Jadi kedua surat ini merupakan bukti nyata, real, otentik, bahwa saya memang dicekal oleh pemerintah Saudi atas permintaan pemerintah Indonesia," kata Rizieq melalui telekonferensi.

Sementara, Menko Polhukam Mahfud MD menegaskan tidak ada bukti kalau pemerintah mencekal Rizieq Shihab untuk kembali ke Indonesia dari Arab Saudi.    

Mahfud menjelaskan pemerintah tidak mungkin melakukan pencekalan terhadap Rizieq selama hampir 1,5 tahun karena berdasarkan aturan yang berlaku pencekalan hanya bisa dilakukan selama enam bulan.    

Mahfud menantang Rizieq untuk memberikan bukti bahwa pemerintah Indonesia melakukan pencekalan. "Kalau ada bukti pemerintah Indonesia yang mencekal bilang ke saya. Nanti saya selesaikan," kata Mahfud. (Ant/OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More