Selasa 12 November 2019, 16:32 WIB

Gelar Formula E, Jakarta Bakal Sejajar dengan Berlin dan Roma

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga
Gelar Formula E, Jakarta Bakal Sejajar dengan Berlin dan Roma

MI/Saskia Anindya
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama pembalap F2 Sean Gelael memasuki kawasan Silang Monas Barat Daya dalam konvoi Jakarta E-Prix

DKI Jakarta dipercaya menjadi tuan rumah kejuaraan balap mobil listrik dunia, Formula E, yang akan berlangsung pada 6 Juni 2020. Jakarta pun menjadi satu-satunya kota di Asia Tenggara yang menjadi tuan rumah Formula E musim 2019/2020.

Wakil Ketua Jakarta E Prix Dian Fatwa menegaskan persiapan menjadi tuan rumah telah mulai dilakukan demi bisa sukses menggelar balapan.

Tak hanya itu, Dian mengatakan Jakarta masuk menjadi bagian Tier One yang artinya telah menjadi bagian dari event sport internasional dan sejajar dengan Roma, Italia atau juga Berlin, Jerman.

"Tidak hanya keuntungan kita menjadi bagian dari Tier One, tetapi ini merupakan fakta kita sudah dilihat oleh masyarakat internasional. Nah ini adalah kebanggaan bagi masyarakat Jakarta," ujar Dian, Selasa (12/11).

Balapan yang digelar di silang Monas itu bakal diikuti 11 tim dengan total 22 pembalap yang akan saling beradu kencang.

"Jadi betul-betul ini kesempatan bagi Jakarta untuk membuktikan bahwa kita pun mampu dan memang mampu," tuturnya.

Baca juga: Ditolak PSI, Kadispora Tegaskan Formula E Tetap Jalan Tahun Depan

Dian mengaku pihak Formula E di London telah datang dan melihat area balapan di Monas.

"Mereka tahu dan senang dengan progres kami. Mereka cukup excited, cukup positif," ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu langsung dengan pembalap Formula E asal Belgia Stoffel Vandoorne. Vandoorne akan menjadi pembalap Formula E pertama yang hadir di Jakarta.

Anies mengapresiasi kehadiran Vandoorne yang akan mendukung penuh perhelatan akbar Formula E.

"Formula E adalah salah satu cara untuk kita mencapai Jakarta langit biru. Kehadiran Vandoorne ini akan mendukung penuh Jakarta E-Prix. Vandoorne bukan pebalap sembarangan, dia adalah juara GP2 Series tahun 2015 dan ketika di F1 membela tim legendaris McLaren," tukas Anies.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More