Selasa 12 November 2019, 16:45 WIB

2020, Dahana akan Bangun Pabrik Bahan Peledak di Timor Leste

Andhika Prasetyo | Ekonomi
2020, Dahana akan Bangun Pabrik Bahan Peledak di Timor Leste

Ilustrasi
Pabrik bahan peledak

 

PT Dahana akan melakukan ekspansi bisnis dengan membangun pabrik bahan peledak di Timor Leste pada 2020 dengan nilai investasi yang diperkirakan mencapai Rp15 miliar.

Presiden Direktur PT Dahana Budi Antono mengatakan bila berjalan lancar, proses pembangunan hanya memakan waktu enam bulan sehingga diharapkan bisa beroperasi pada Juli 2020.

Lebih rinci, Budi mengatakan pabrik tersebut akan memproduksi bahan peledak antiair dengan kapasitas 1.000 ton per tahun.

Bahan peledak yang diproduksi perseroan nantinya akan digunakan untuk meledakkan tanah sebagai proses pembangunan pelabuhan dan tambang.

"Kondisi geografis Timor Leste kan perbukitan jadi akan lebih efisien jika membangun infrastruktur jalan dengan terowongan. Untuk itulah dibutuhkan bahan peledak. Kalau membelah bukit, biayanya lebih besar," jelas Budi.

Baca juga: Kelompok Abdul Basith Siapkan Bahan Peledak

Kemitraan antara Dahana dan Timor Leste bukan hal baru. Sebelumnya, BUMN yang bergerak di bidang bahan peledak serta perlengkapan militer itu sudah menggandeng perusahaan lokal Incanto Weste Unipessoal LDA sebagai mitra dagang.

Melalui kerja sama itu, Dahana mengekspor bahan peledak yang sudah dilaksanakan dalam tiga kali pengiriman dengan nilai kontrak US$420 ribu.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More