Selasa 12 November 2019, 15:14 WIB

Antisipasi Keselamatan, Sekolah dan Universitas Hong Kong Ditutup

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Antisipasi Keselamatan, Sekolah dan Universitas Hong Kong Ditutup

AFP/Dale De La Rey
Seorang pelajar diinterogasi oleh polisi di distrik Sai Wan Ho, Hong Kong, Senin (11/11)

 

BEBERAPA sekolah dan universitas di Hong Kong tetap tutup, Selasa (12/11), karena kekhawatiran akan keselamatan pelajar ketika para demonstran menyerukan satu hari gangguan lalu lintas.

Banyak jalur kereta api di wilayah itu ditunda dan ditangguhkan saat polisi memeriksa penumpang, hingga terjadi antrean panjang di stasiun.

Polisi antihuru-hara memasuki beberapa universitas, Selasa (12/11) pagi, menembakkan gas air mata untuk membubarkan mahasiswa. Karena, Senin (11/11), Hong Kong mengalami peningkatan tindak kekerasan.

Seorang aktivis ditembak dengan peluru tajam oleh polisi sementara seorang lainnya dibakar oleh pengunjuk rasa antipemerintah. Keduanya dalam kondisi kritis di rumah sakit.

Baca juga: Demonstrasi Hong Kong Kian Memanas, Transportasi Terganggu

Sejumlah sekolah lokal dan internasional di seluruh Hong Kong mengatakan akan menutup operasional pada Selasa (12/11). Beberapa orangtua diberitahu melalui pesan teks terkait masalah keamanan mengingat protes yang sedang berlangsung.

"Karena kepedulian kami terhadap keselamatan siswa dan staf, semua kelas ESF ditangguhkan hari ini. Siswa tidak boleh bepergian ke sekolah," kata Yayasan Sekolah Bahasa Inggris (ESF).

Penutupan juga disampaikan pihak sekolah dasar di wilayah setempat, karena khawatir mendapat dampak gas air mata.

Kepala Eksekutif Kota Carrie Lam mengatakan meskipun ada kerusuhan, tidak akan ada pengumuman untuk penutupan pada semua sekolah.

Polisi menembakkan gas air mata di City University, Selasa pagi, dan bentrokan antara mahasiswa dengan polisi antihuru-hara berlanjut sepanjang pagi. Mahasiswa di Politeknik Hong Kong juga mencoba mengganggu lalu lintas di dekat kampus mereka.(BBC/OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More