Selasa 12 November 2019, 14:07 WIB

Kalsel Siap Bangkit Bangun Industri Perkayuan

Denny Susanto | Nusantara
Kalsel Siap Bangkit Bangun Industri Perkayuan

Antara
Produk kayu gelondongan Kalimantan

 

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) bangkit kembali bangun industri perkayuan yang terpuruk sejak dua dekade terakhir dengan menjajaki kerjasama pembangunan hutan di Finlandia serta Estonia.

"Salah satu program utama pemda adalah mengembalikan kejayaan industri perkayuan yang dulu ada di Kalsel. Ini merupakan bagian dari program revolusi hijau," ungkap Kepala Dinas Kehutanan Kalsel, Hanif Faisol
Nurofiq, siang tadi.

Masa kejayaan industri perkayuan di Kalsel terjadi pada era 1980-an hingga 2000 dimana ada puluhan pabrik kayu skala besar (plywood) dan ratusan industri kayu skala kecil yang memproduksi kayu gelondongan maupun produk jadi dengan pasar dalam dan luar.
Menurut Hanif, terpuruknya industri kayu ini disebabkan bahan baku kayu yang semakin berkurang dan persaingan harga di pasaran.

"Dulu hutan tanaman industri tidak mampu menopang kebutuhan industri kayu, sementara kayu hutan alam semakin habis. Kini pembangunan kembali hutan tanaman industri serta hutan kemasyarakatan diyakini mampu membangkitkan kembali industri perkayuan Kalsel," tuturnya.

Sejalan dengan itu pula Pemprov Kalsel juga berupaya menerapkan pembangunan berbasis kehutanan yang disebut forest city dalam rangka
menjadikan wilayah ini sebagai paru-paru dunia.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalsel Nurul Fajar Desira mengatakan, Pemprov Kalsel memfokuskan pembangunan bidang kehutanan yang disebut Revolusi Hijau. Terkait hal ini Kalsel telah menjajaki kerjasama investasi dengan negara Finlandia dan Estonia di bidang kehutanan.

''Salah satunya adalah pembangunan hutan kemasyarakatan dan pengelolaan sumber daya alam. Dalam waktu dekat Kalsel akan memmberangkatkan kembali delegasi ke Finlandia dan Estonia untuk menindaklanjuti kerjasama yang sudah disepakati dibidang kehutanan. (OL-11)

Baca Juga

DOK Istimewa

Polisi Tetapkan 11 Tersangka Penyerangan NasDem Makassar

👤Lina Herlina 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 16:39 WIB
Dari 11 tersangka itu, lanjutnya, ada mahasiswa dari tiga perguruan tinggi, yaiti UNM, Universitas Hasanuddin, dan Stiem Bongaya...
ANTARA

Kampanye di Hari Minggu, KAI Jatim Nilai Risma Lakukan Pelanggaran

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 16:03 WIB
Berdasarkan informasi yang didapatkan Malik, izin kampanye Risma hanya untuk tanggal 10...
MI/Heri Susetyo

Pesawat Citilink Tabrak Layang-Layang saat Hendak Mendarat

👤Ardi Teristi 🕔Sabtu 24 Oktober 2020, 15:11 WIB
Kejadian itu tidak mengganggu lalu lintas dan jadwal penerbangan di Bandara Internasional...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya