Selasa 12 November 2019, 13:35 WIB

Cawagub Jakarta Harus Punya Terobosan

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Cawagub Jakarta Harus Punya Terobosan

Ilustrasi
Ilustrasi Cawagub

 

KETUA DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menegaskan wakil gubernur harus paham mengenai permasalahan yang ada di Ibu kota. Ia menganggap nama-nama calon wakil gubernur (cawagub) yang ada saat ini bukan tokoh Jakarta.

"Saya dari awal selalu bicara bahwa wakil gubernur itu enggak kerja gampang loh. Ini ibu kota! Yang jelas, dia harus mengerti masalah Jakarta. Masa di antara dua partai pengusung enggak ada tokoh-tokoh Jakarta yang kelihatan? Itu masalahnya," kata Prasetyo di Jakarta, Selasa (12/11).

Ada enam nama cawagub DKI yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra. PKS mengajukan dua nama yakni mantan Wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu dan Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Wilayah PKS DKI Jakarta Agung Yulianto.

Sedangkan dari Gerindra mengajukan empat nama baru cawagub. Yakni, Dewan Penasihat Gerindra Arnes Lukman, Wakil Ketua Umum DPP Gerindra Ferry J Juliantono, Ketua DPP Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria dan Sekda DKI Jakarta Saefullah.

Baca juga: Gerindra Ajukan Nama, PKS Harus Kencang Lobi Parpol di DKI

Dari enam tersebut, akan dipilih dua oleh panitia pemilihan.

"Kalau dia (cawagub) ditaruh dari daerah masuk ke Jakarta kan banyak enggak mengertinya dari pada mengertinya. Problem Jakarta enggak gampang dan harus berani. Kalau cuma jalanin rutinitas dan enggak ada terobosan ya enggak jalan. Janganlah," tegas kader PDI Perjuangan itu.

Menurut Pras, dirinya tidak bisa ikut campur dalam menentukan dua cawagub pada nantinya. Hal itu menjadi kesepakatan antara PKS dan Gerindra.

Karenanya, ia meminta kedua partai pengusung Gubernur Anies Baswedan itu segera menentukan siapa yang akan ditunjuk sebagai cawagub.

"Jadi silakan saja, di dalam forum paripurna itulah yg menetukan siapa si A siapa si B (cawagub). Misalnya, PKS (meminta) harus dua duanya (dari PKS), kita enggak tahu. Harus PKS dan Gerindra," kata Pras.

"Saya enggak ngerti itu kan urusan internal partai pengusung.Dari mereka saja, gue belom dapat kabar terhangat, tapi harus cepat, kasian Pak Anies, belepotan nanti Jakarta ini," pungkasnya. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More