Selasa 12 November 2019, 11:20 WIB

Gerindra Ajukan Nama, PKS Harus Kencang Lobi Parpol di DKI

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Gerindra Ajukan Nama, PKS Harus Kencang Lobi Parpol di DKI

Ilustrasi MI
Ilustrasi Cawagub

 

HARAPAN PKS untuk bisa mendapat kursi wakil gubernur DKI Jakarta yang ditinggalkan Sandiaga Uno pada Agustus 2018 silam terancam oleh kompatriot mereka, Partai Gerindra, yang kini juga mengincar posisi tersebut.

Partai Gerindra terang-terangan bersurat ke DPP PKS untuk mengajukan empat nama cawagub guna disepakati bersama yakni Dewan Penasihat Gerindra Arnes Lukman, Waketum DPP Gerindra Ferry J Juliantono, Wasekjen DPP Gerindra A Riza Patria, dan Sekda DKI Jakarta Saefullah. Namun, surat itu masih ditanggapi dingin oleh PKS.

Guna tetap kuat memegang kursi wagub DKI seperti yang sudah disepakati bersama dengan Gerindra pada akhir 2018 silam, pengamat politik Djayadi Hanan menilai PKS harus segera membuat kesepakatan dengan Partai Gerindra mengenai nasib cawagub yang akan diusulkan ke DPRD DKI Jakarta.

"Kesepakatan harus bulat dulu mau tetap mengusung dua nama yang sudah dipilih Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu atau hendak memutuskan dua nama dari empat nama yang diajukan Gerindra," kata Djayadi saat dihubungi Media Indonesia, Senin (11/11).

Baca juga: Koalisi Nasional Sebabkan Gerindra DKI Pede Calonkan Wagub

Setelah kesepakatan terbentuk dan nantinya cawagub tetap diserahkan kepada kader PKS, Djayadi menegaskan PKS harus lebih gencar bergerilya melakukan lobi-lobi politik kepada anggota dewan penghuni gedung di Jalan Kebon Sirih.

Djayadi yang juga Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) itu mengungkapkan lobi politik bisa dimulai dari Partai NasDem.

"Sebab, kita ketahui akhir-akhir ini di tataran nasional PKS dan Partai NasDem sedang mesra. Mungkin di tataran DKI juga bisa terjadi hal itu," ungkapnya.

Tidak hanya sampai di situ, PKS juga harus memastikan Partai Gerindra mendukung penuh cawagub dari PKS dan turut menggerakkan kadernya untuk melakukan lobi politik dengan partai lain agar pemilihan wagub DKI di DPRD berjalan lancar. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More