Selasa 12 November 2019, 11:00 WIB

Jelang Natal, Pemkot Samarinda Beli Bawang di Brebes

Supardji Rasban | Nusantara
Jelang Natal, Pemkot Samarinda Beli Bawang di Brebes

MI/Supardji Rasban
Rombongan Pemkot Samarinda berkunjung ke Brebes untuk membeli bawang.

 

SEJUMLAH pejabat Kota Samarinda, Kalimantan Timur, bekunjung ke Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Tujuan mereka, menjajaki kerja sama pembelian bawang merah karena di Samarinda bawang merah kadang susah diperoleh dan harganya tinggi.

Pembelian bawang merah tersbut terkait dengan upaya pengendalian inflasi di Kalimantan Timur lantaran bawang merah mempunyai andil dalam fluktuasi inflasi jika harganya tidak stabil.

Dalam waktu dekat, yang akan dilakukan Pemkot Samarinda adalah membeli bawang merah untuk stok persiapan menghadapi Natal dan Tahun Baru 2020.

Hal itu disampaikan Asisten II Pemkot Samarinda Endang Liansyah saat bersama rombongan melihat tanaman bawang merah di Desa Jagalempeni, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes.

"Ini sebenarnya merupakan kunjungan balasan karena Pak Wakil Bupati Brebes pernah berkunjung ke Samarinda," ujar Endang, Senin (11/11).

Baca juga: Purbalingga Panen di Tengah Kemarau Panjang

Endang menyebut ada sejumlah bentuk kerja sama yang akan dilakukan antara Pemkot Samarinda dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes. Salah satunya membuat perjanjian kerja sama pembelian bawang merah secara reguler.

"Tetapi yang akan kami segera lakukan saat ini membeli bawang merah dari Brebes untuk menghadapi Natal dan Tahun Baru karena kebutuhan bawang merah saat itu akan meningkat," ucap Endang.

Hanya saja, kata Endang, belum diputuskan berapa haraga setiap kilogram bawang merah yang akan kami beli.

"Karenanya, kami melihat-lihat areal tanaman bawang merah lebih dahulu di tempat ini," terang Endang.

Menurut dia, bawang merah yang akan dibeli dari Brebes tersebut nantinya bukan hanya untuk kebutuhan masyaraakat Kota Samarinda, tapi kota-kota lainnya di Kalimantan Timur.

"Karena Samarinda kan ibu kota Kalimantan Timur yang tentu banyak kota lain di sekitarnya," jelasnya.

Ketua Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) yang ikut rombongan meninjau tanaman bawang merah di Desa Jagalempeni tersebut, Juwari, menuturkan kalau harga bawang merah saat ini lumayan tinggi mencapai Rp21.000/ kg-nya.

"Hanya saja produksinya memang sedang menurun karena keterlamatan musim tanam. Tahun ini musim kemaruanya lebih panjang jadi tidak banyak petani yang menanam bawang merah karena kesulitan air," ujar Juwari.

Rombongan Pemkot Samarinda yang juga disertai sejumlah pejabat terkait Pemkab Brebes termasuk Wakil Bupati Brebes Natrjo, juga ikut serta Kepala Perwakilan Bank Indinesia (BI) Tegal M Taufik.

Selain meninjau tanaman bawang merah, mereka juga meninjau pabrik pasta bawang merah dan juga gudang bawang merah di Kecamatan Wanasari, Brebes. (OL-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More