Selasa 12 November 2019, 01:00 WIB

Film Imperfect Soroti Body Shaming dan Insecurity

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Weekend
Film Imperfect Soroti Body Shaming dan Insecurity

Instagram/ErnestPrakasa (Ilustrasi oleh Puty Puar)
Film Imperfect akan tayang pada 19 Desember 2019, didahului oleh peluncuran ulang buku berjudul serupa, yang menjadi inspirasi film tersebut

Olokan serta sindiran pedas soal tubuhnya selalu dirasakan Rara (Jessica Mila), perempuan kantoran berbadan gemuk yang ditunjukan dalam trailer film Imperfect: Karier, Cinta, dan Timbangan yang diluncurkan akun Youtube Starvision, jelang akhir pekan lalu.

Trailer berdurasi 2 menit 6 detik ini memperlihatkan bagaimana body shaming menjadi bagian tak terelakkan dari kehidupan Rara, apalagi ia diketahui memiiliki adik bernama Lulu (Yasmin Napper) yang mewarisi gen ibunya yang cantik, putih, dan kurus. Konflik pun berkembang kala Rara diminta mengubah penampilannya karena tuntutan di industri tempatnya bekerja.

Meski begitu, Rara bersyukur memiliki kekasih yang selalu memberikan dukungan terhadap apa pun yang dilakuka Rara, yakni Dika (Reza Rahardian).

Film yang akan tayang 19 Desember 2019 itu merupakan adaptasi dari buku laris ciptaan Meira Anatasia yang tak lain isteri dari sang sutradara sekaligus penulis skenario film, Ernest Prakasa. Keduanya membangun kerja sama yang epik yang mana ini merupakan karya kelima bagi Ernest.

"Dalam teaser sebelumnya hanya menunjukan 30 detik, namun kali ini bisa lebih tergambar cerita dari imperfect," kata Ernest dalam preskon peluncuran trailer Jumat (8/11) di kantor Starvision,Cempaka Putih, Jakarta.

Dalam trailer ini terdengar pula suara khas Reza Rahardian menyanyikan soundtrack lagu berjudul 'Tak Harus Sempurna' yang ditulisnya sendiri. "Lagu itu ditulis saya lewat perspektif Dika kepada Rara yang kemudian diaransemen olh Ira Fachir dan Dimas Wibisana, itu kolaborasi yang menyenangkan," kata Reza.

Reza menuturkan lagu ini ditulis dengan mengambil tema insecurity, penilaian terhadap diri kita sendiri dan tuntutan dari orang lain bahwa kita harus sempurna.

Tak hanya itu, buku Meira yang menjadi ide film yang dirilis 7 Mei 2018 dengan tebal 172 halaman ini juga secara resmi akan dirilis ulang dengan versi repackage dari buku Imperfect: A Journey to Self-Acceptance oleh penerbit Gramedia Pustaka Utama dengan berbagai keunggulan. "Perilisan ulang akan dilakukan 2 Desember mendatang dengan tambahan komik strip dari Puty Puar dan surat dari para perempuan pemain film Imperfect dalam bentuk soft cover yang tentu harganya akan terjangkau," kata Meira.

Ia pun menyatakan, suratnya tersebut akan bersi tentang curahan hati para pemain tentang pandangan penampilan fisik dan suntika semangat kepada para pembaca yang sedang merasakan insecurity. (M-2)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More