Senin 11 November 2019, 07:36 WIB

Kehilangan Dukungan Militer, Presiden Bolivia Mengundurkan Diri

Basuki Eka Purnama | Internasional
Kehilangan Dukungan Militer, Presiden Bolivia Mengundurkan Diri

AFP/HO/Venezuelan Presidency
Presiden Bolivia Evo Morales

 

PRESIDEN Bolivia Evo Morales, Minggu (10/11), mengundurkan diri setelah militer dan polisi menarik dukungan mereka pascatiga pekan aksi demonstrasi yang menolak hasil pemilihan presiden di negara itu.

"Saya mengundurkan diri sebagai presiden," ujar Morales dalam pidato yang disiarkan langsung televisi.

Pengunduran diri Morales menjadi puncak hari yang diwarnai pengunduran diri sejumlah menteri dan pejabat senior pemerintah.

Jalan-jalan di Kota La Paz langsung diwarnai perayaan saat warga Bolivia menyalakan kembang api dan mengibarkan bendera merayakan pengunduran diri Morales.

Lawan Morales dalam pemilu, Mantan Presiden Carlos Mesa, mengatakan warga Bolivia telah memberikan pelajaran bagi dunia. "Besok, Bolivia akan menjadi negara baru."

Baca juga: Pengunjuk Rasa Bolivia Duduki Media Pemerintah

Kuba dan Venezuela yang merupakan sekutu Morales mengecam apa yang terjadi di Bolivia sebagai sebuah aksi kudeta.

Morales, mantan petani koka dan warga suku asli pertama yang menjadi presiden Bolivia, dinyatakan sebagai pemenang dalam pemilu presiden pada 20 Oktober dengan keunggulan tipis. Kemenangan itu mengantarkan Morales untuk masa jabatan keempatnya setelah menjabat sejak 2006.

Namun, kelompok oposisi menuding adanya kecurangan dari perhitungan. Sejak saat itu, selama tiga pekan, aksi demonstrasi terus bergulir menyebabkan tiga orang tewas dan ratusan lainnya terluka.

Organisasi Negara-Negara Amerika melakukan audit terhadap pemilu Bolivia dan pada Minggu (10/11) merilis laporan yang menemukan kejanggalan pada semua aspek pemilu mulai dari teknologi yang digunakan, jaring kendali surat suara, integritas penghitungan, dan proyeksi statistik pemilu. (AFP/OL-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More