Senin 11 November 2019, 08:20 WIB

Timnas U-19 Lolos ke Putaran Final Piala Asia

Rahmatul Fajri | Sepak Bola
Timnas U-19 Lolos ke Putaran Final Piala Asia

MI/PIUS ERLANGGA
Pemain timnas Indonesia U-19 berselebrasi seusai laga penyisihan Grup K Kualifikasi Piala Asia U-19 melawan timnas U-19 Korea Utara.

 

TIM nasional Indonesia U-19 berhasil memastikan satu tempat di putaran final Piala Asia U-19 di Uzbekistan pada 2020. Hasil itu didapat setelah Indonesia bermain imbang 1-1 dengan Korea Utara pada laga pamungkas kualifikasi Piala Asia U-19 2020 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, kemarin.

Gol Korea Utara dicetak Kim Kwang-chong pada menit ke-41. Dengan memanfaatkan peluang di dekat kotak penalti, Kim langsung melesakkan sepakan ke pojok kanan gawang yang gagal dihalau kiper Ernando Ari.

Pada babak kedua, arsitek timnas U-19 Fakhri Husaini memasukkan Mochammad Supriadi untuk menambah daya gedor lini depan. Supriadi melengkapi trio lini serang bersama Bagus Kahfi dan Fajar Fathur Rahman.

Kombinasi trio lini depan itu acap kali membahayakan pertahanan Korea Utara. Hasilnya, pada menit ke-60, Indonesia berhasil memecah kebuntuan melalui sepakan penalti Bagus Kahfi.

Wasit menunjuk titik putih seusai Bagus dijatuhkan di kotak terlarang. Bagus yang menjadi eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan untuk menyamakan kedudukan.

Korea Utara mencoba mencetak gol kedua untuk menjaga asa. Namun, usaha Kim Kwang-chong dan kawan-kawan belum membuahkan hasil. Skor 1-1 bertahan hingga laga usai.

Hasil imbang itu cukup membawa Indonesia lolos dengan mengumpulkan 7 poin dari 3 pertandingan dan menjadi juara Grup K. Sementara itu, torehan 5 poin dari 3 pertandingan tak cukup membawa Korea Utara lolos sebagai runner up grup terbaik. Ini merupakan kegagalan pertama Korea Utara lolos ke Piala Asia U-19 sejak tahun 2006.

Pelatih timnas U-19 Fakhri Husaini mengaku bangga dengan perjuangan anak asuhnya di lapangan. Ia mengaku pertandingan yang bertepatan dengan Hari Pahlawan ini menjadi motivasi bagi anak asuhnya untuk meraih hasil yang positif.

"Pertarungan ini ketat dan berat. Kami sepakat sebelum pertandingan, ini adalah layaknya perjuangan para pahlawan. Kebetulan hari ini Hari Pahlawan dan anak-anak berkomitmen untuk bertempur habis-habisan," kata Fakhri seusai pertandingan.

Senada, Bagus Kahfi yang menjadi aktor lolosnya Indonesia ke Piala Asia mengaku menjadikan momentum Hari Pahlawan untuk mempersembahkan yang terbaik bagi Indonesia.

Adapun Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan merasa bersyukur dan menyatakan Timnas U-19 berhasil memberikan contoh dengan mental bertanding yang kuat. (Faj/X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More