Senin 11 November 2019, 07:50 WIB

Virus pada Anjing Laut Menyebar Lebih Cepat

Haufan Hasyim Salengke | Humaniora
Virus pada Anjing Laut Menyebar Lebih Cepat

MI/Duta
Ilustrasi MI

 

VIRUS mematikan yang menyerang anjing laut mungkin bisa menyebar lebih cepat seiring mencairnya es di laut Kutub Utara karena suhu memanas.

Phocine distemper virus (PDV), yang bertanggung jawab atas kematian ribuan anjing laut Eropa pada 2002, ditemukan pada berang-berang di Alaska dua tahun kemudian. Ini membuat para ilmuwan bertanya-tanya bagaimana virus menjangkau hewan itu.

Menurut penelitian dalam jurnal Scientific Reports yang dipimpin para peneliti di University of California-Davis, perubahan radikal pada es laut mungkin telah membuka rute baru untuk kontak antara anjing laut di Kutub Utara dan wilayah sub-Kutub Utara yang sebelumnya tidak mungkin.

"Hilangnya es di laut menyebabkan satwa liar mencari makan di habitat baru dan menghilangkan penghalang fisik," kata peneliti Tracey Goldstein.

Para peneliti menemukan infeksi yang luas dan paparan virus tersebut mulai sejak 2003 dan 2009. Ini bertepatan dengan berkurangnya es di laut Kutub Utara. (Foxnews/Hym/X-11)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More