Minggu 10 November 2019, 23:29 WIB

Boxing Championship 2019 Jadi Ajang Pencarian Bibit Juara

Despian Nurhidayat | Olahraga
Boxing Championship 2019 Jadi Ajang Pencarian Bibit Juara

MI
ertandingan boxing championship kelas jr 49 kilogram antara Stevanus Nana (hitam) melawan Valens Raung (putih) di Studio Metro TV

BOXING Championship 2019 resmi digelar di Grand Studio Metro TV, Kedoya, Jakarta Barat, Minggu (10/11). Dalam kejuaraan yang mempertemukan para petinju nasional ini, antusias dari para penonton cukup meriah. Sejumlah publik figur maupun mantan atlet harid dalam acara ini.

Chris John selaku promotor mengaku bahwa ajang ini bisa menjadi wadah bagi para petinju Indonesia untuk menambah jam terbang mereka. Ia berharap ajang ini bisa menjadi pemicu terbentuknya calon petinju juara dunia.

"Ini acara pertandingan tinju khususnya professional, dan ini tentunya untuk menjadi wadah bagi para petinju nasional sekaligus menambah pengalaman juga jam terbang mereka. Jadinya nanti kita bisa mencari bakat-bakat terpendam yang bisa menjadi juara tentunya," ungkapnya kepada Media Indonesia, Minggu (10/11) malam.

Lebih lanjut, pria yang dijuluki The Dragon ini mengungkapkan bahwa kejuaraan tersebut menjadi salah satu upaya baginya unruk membangkitkan gairah pertinjuan di Indonesia.

Selain itu, dia juga mengharapkan agar pihak-pihak lain dapat tergerak untuk ikut membantu upaya membangkitka dunia pertinjuan di Indonesia ini.

"Saya mencoba untuk bisa kembali membangkitkan dunia pertinjuan di Indonesia, yang kita tahu lah sudah mati suri. Tetapi, kalau cuma saya dan tim saya sendiri yang berusaha, akan berat sekali. Makanya di sini saya ingin menggandeng pemerintah dan pihak swasta juga masyarakat indonesia untuk mewujudkan apa yg saya inginkan untuk mengembalikan kejayaan tinju di Indonesia," lanjut Chris.

Dia pun berharap bahwa para petinju yang berlaga di kejuaraan ini tidak hanya berhenti di sini saja. Selain tingkat nasional, Chris juga berharap nantinya mereka dapat melenggang menuju pentas dunia.

"Tentunya mereka harus bertarung dulu supaya gairah dan perhatian juga kecintaan masyarakat muncul lagi. Sehingga kita akan arahkan petinju yang sudah kita lihat memiliki potensi untuk meningkat di Kejuaraan Asia dan dunia tentunya. Makanya kita butuh banyak dukungan untuk mewujudkan keinginan ini," pungkasnya.

Laga Boxing Championship di buka dengan pertarungan antara Adam wijaya yang berhadapan dengan Sulis Barrera di kelas bantam junior.

Pertandingan dimenangkan Adam dengan penilaian mutlak yakni skor 37-39.

"Saya sangat senang karena lawan saya udah kaya adek saya sendiri. Dari kampung sampai jakarta kita selalu bersama sama dan nggak nyangka bisa bertemu di atas ring. Rencana saya, setelah ini saya akan mempersiapan diri untuk kejuaraan nasional dalam waktu dekat ini," ungkap Adam susai pertandingan.

Laga kedua pun berlanjut dengan pertarungan antara Mochammad Sholimin yang berhadapan dengan Mektison Marganti Lahago masih di kelas yang sama. Dalam pertandingan kedua ini, kedua petinju sama-sama menunjukkan persaingan yang ketat.

Keduanya berhasil saling melakukan jual beli serangan dan juga pertaham kuat telah ditunjukkan oleh mereka. Persaingan ketat ini pun berlangsung hingga akhir laga dan hakim pun memutuskan untuk memberikan skor 38-38 bagi keduanya. Pertarungan ini dinyatakan seri.

Pertarungan ketiga pun kini berganti kelas yakni kelas terbang junior, di mana Villy Rawung Pantouw berhadapan dengan Stefanus Nana. Dua hakim memberikan penilaian dengan skor 39-37, sementara satu hakim lainnya memberikan hasil seri 38-38.

Mantan petinju nasional sekaligus komentator, Joey De Ricardo mengatakan bahwa dia sangat mengapresiasi kejuaraan ini.

"Ini sangat bagus ya, ini permulaan yang bagus sekali karena di sini ada antara Metro TV dan Chris John. Ini kerja sama yang sangat baik dan bisa menjadi permulaan bangkitnya pertinjuan Indonesia yang selama ini sudah hampir mati suri. Sekarang kita punya kesempatan lagi untuk mencari bakat-bakay lain untuk jadi pengganti Chris John menjadi juara dunia," ungkapnya. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More