Minggu 10 November 2019, 21:46 WIB

Pembentukan Badan Baru jangan Bebani Keuangan Negara

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Pembentukan Badan Baru jangan Bebani Keuangan Negara

MI/ Mohamad Irfan
Agus Pambagyo

 

PENGAMAT Kebijakan Publik Agus Pambagyo mengatakan rencana pemerintah membentuk badan baru perlu kajian mendalam. Berdasarkan pengalaman tidak ada badan baru yang bisa menjalankan tugas sesuai target dan tujuan pembentukannya dan hanya membebani keuangan negara dan menjadi ruang pembagian kekuasaan semata.

"Saya tidak setuju dengan rencana itu karena pada akhirnya hanya diisi oleh orang-orang yang perlu pekerjaan dan perlu eksis. Yang akan mengisinya bukan orang yang sudah kenyang dan tinggal mengabdi, punya integritas dan leadership," terangnya kepada Media Indonesia, Minggu (10/11).

Menurut dia, setiap pembentukan badan atau lembaga baru selalu berlandaskan pada keinginan untuk meningkatkan akselerasi kerja pemerintah. Namun pada kenyataannya tidak ada badan baru yang berhasil menjalankan tugasnya sesuai dengan kehendak pembuatnya.

"Pengalaman saya 35 tahun dengan badan-badan baru ini enggak ada yang bermutu karena nantinya akan berkelahi dengan lembaga yang sudah ada. Coba tengok mana lembaga-lembaga baru pascareformasi, yang benar-benar memajukan bangsa ini," katanya.

Ia mengatakan terlalu banyak badan tapi kalau yang memimpinnya minim kapasitas hanya akan membebani keuangan negara dan memperpanjang persoalan ego sektoral. Kemudian badan-badan itu hanya akan menjadi jatah pembagian jatah kekuasaan.

"Maka saran saya optimalkan saja lembaga atau badan yang ada saat ini," pungkasnya. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More