Sabtu 09 November 2019, 20:40 WIB

Menkes Minta Semua Sektor Kesehatan Semakin Inovatif

Indriyani Astuti | Humaniora
Menkes Minta Semua Sektor Kesehatan Semakin Inovatif

MI/Ramdani
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto

 

MENTERI Kesehatan Terawan Agus Putranto meminta kepada seluruh sektor di bidang kesehatan untuk lebih inovatif dalam memproduksi alat kesehatan.

“Dalam Pembangunan kesehatan semua sektor dituntut untuk semakin inovatif terutama untuk meningkatkan kesehatan ibu hamil, bayi baru lahir, dan anak usia sekolah,” kata Menkes pada rangkaian Hari Kesehatan Nasional ke-55 di ICE BSD, Tangerang, Sabtu (9/11).

Ia mengatakan, mempersiapkan generasi unggul sangat penting dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan. Terlebih Indonesia akan menghadapi bonus demografi pada 2030 hingga 2045.

Tak ayal jika semua penunjang kesehatan butuh inovasi, mulai dari alat kesehatan hingga program kesehatan yang diterapkan.

Kemenkes berupaya mengembangkan cara baru yang dapat mengakselerasi pembangunan kesehatan nasional. Cara tersebut merupakan inovasi yang diterapkan dalam program kesehatan.

Baca juga : Menkes Terawan Usulkan Iuran BPJS Kelas III Dapat Subsidi

Di antara sekian inovasi, baru-baru ini Kemenkes telah meluncurkan produk inovasi, antara lain Aplikasi Online Monitoring Kerja Sama Kementerian Kesehatan dengan Mitra Asing, Aplikasi Online Integrated Depository and Monitoring System (IDeMS), Aplikasi online Emergency Operation Center (EOC), Aplikasi Sistem Informasi Terpadu Kesehatan Kerja dan Olahraga (SITKO), dan Aplikasi Bahan Baku Kosmetika (e-BBKOS).

Sebagai bentuk apresiasi, Kemenkes memberikan penghargaan kepada tenaga kesehatan Puskesmas di daerah, penghargaan karya anak bangsa bidang farmasi dan alat kesehatan, dan menggelar Indonesia Healthcare Forum (IndoHCF) Awards ke-3 tahun 2019.

“Saya sangat apresiasi adanya penghargaan ini dari karya anak bangsa untuk turut serta memikirkan solusi atas permasalahan bersama, khusus di bidang kegawatdaruratan, alat kesehatan, teknologi kesehatan, Germas, dan insan berprestasi di bidang kesehatan lainnya,” ucap Menkes.

Menkes mengajak semua pihak untuk bekerja bersama dalam melaksanakan pembangunan kesehatan. Hal itu, tambahnya, dilajukan untuk kesejahteraan masyarakat. (OL-7)

Baca Juga

Antara

Dahlan Iskan Ungkap Tiongkok sudah Ciptakan Vaksin Anti-Covid-19

👤Henri Siagian 🕔Selasa 26 Mei 2020, 11:04 WIB
Dia menjelaskan, setidaknya riset yang dipimpin oleh ahli epidemiologi and virologi di militer Tiongkok Chen Wei, sudah diuji coba sebanyak...
Dok Agus Suparto/Biro Pers Sekretariat Presiden

Sambut New Normal, Jokowi Minta Pengetatan Protokol Kesehatan

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 26 Mei 2020, 10:04 WIB
"Kita harapkan nantinya dengan dimulainya TNI dan Polri ikut secara masif mendisiplinkan masyarakat, menyadarkan masyarakat,...
Ist

Kampus IPDN Gelar Halalbilahal di Tengah Pandemi

👤Emir Chairullah 🕔Selasa 26 Mei 2020, 09:57 WIB
Kegiatan tersebut dilakukan atas perintah Rektor IPDN untuk menghibur praja yang selama ini melakukan karantina di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya