Sabtu 09 November 2019, 14:00 WIB

Pembukaan Pasar Restorasi NasDem, Industri UKM Harus Mendunia

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Pembukaan Pasar Restorasi NasDem, Industri UKM Harus Mendunia

MI/ADAM DWI
Suasana Pasar Restorasi di Kongres Partai NasDem, di area parkir timur JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (8/11).

 

WAKIL Ketua DPR dari Fraksi Partai NasDem Rachmat Gobel meninjau sekaligus membuka pasar restorasi yang menampilkan berbagai macam Usaha Kecil Menengah (UKM) dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Pasar restorasi merupakan salah satu rangkaian acara kegiatan Kongres ke-II Partai NasDem dan perayaan HUT ke-8 Partai NasDem.

"Kita ini punya kekayaan yang luar biasa mulai dari hasil laut, bumi, kebun, hingga pertanian. Begitupun dengan budaya yang sangat luar biasa, muali dari kerajinan tangan hingga kain batik tenun ikat yang sangat baik," tutur Gobel di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (9/11/2019).

Gobel melanjutkan, produk-produk UKM dalam negeri sudah harus mampu bersaing di tingkat internasional. Terlebih saat ini Pemerintahan Presiden Joko Widodo telah mengoptimalkan peluang pertumbuhan usaha dalam negri dengan meningkatkan sarana infrastruktur dengan tujuan mempermudah distribsi produk dalam negri.

"Infrastruktur yang baik bisa menurunkan biaya distrbusi. Ditambah presiden juga memiliki kebijakan untuk mendorong ekonomi tidak hanya dari pusat melainkan juga dari pinggiran dimulai dari desa-desa," tuturnya.

Gobel melanjutkan, presiden memang menginginkan agar kekayaan sumber daya alam dan buaya Indonesia bisa menjadi nilai tambah besar bagi pertumbuhan ekonomi. Industri-industri yang dimulai dari kecil sudah saatnya untuk tumbuh menjadi produk lokal, nasional, hingga internasional.

"Kita harus manfaatkan dan harus sinergikan dengan semua program-program pemerintahan karena kalau tidak program pemerintah yang sudah baik ini akan sia-sia," paparnya.

Gobel mengingatkan agar jangan sampai pasar dalam negri yang sudah difasilitasi dengan infrastruktur yang baik dari pemerintah justru didominasi oleh produk-produk dari luar negri. Sebaliknya, pegiat-pegiat UKM harus mampu tumbuh mandiri untuk bisa mengisi pasar dunia.

"Semangat ini yang harus kita bangun," jelasnya.

Pasar Restorasi diikuti 25 UKM yang terpilih dari seleksi 200 lebih pendaftar. Panitia melakukan seleksi berdasarkan kategori jenis usaha dan besaran modal. Seluruh peserta UKM yang membuka stand pameran diberikan tempat secara cuma-cuma alias gratis. Ada tiga jenis usaha UKM pada Pasar Restorasi di Kongres II Partai NasDem tersebut meliputi usaha kuliner, fashion dan agribisnis. Semua UKM terpilih mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan hasil produk mereka di atas panggung besar Pasar Restorasi.

baca juga: Mendagri Dorong SDM Unggul dan Pancasilais

Kegiatan itu diadakan selain untuk memperkenalkan produk UKM, juga untuk menjadi sarana bertemunya sesama UKM. Panitia berharap adanya berbagi pengetahuan (transfer knowledge) antara satu UKM dengan yang lainnya. Selain itu, diharapkan adanya sinergi UKM dengan pengusaha besar. Proses ini tujuannya untuk membangun sinergi, sehingga hasil yang diharapkan adalah industri UKM Indonesia akan semakin maju. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More