Sabtu 09 November 2019, 06:40 WIB

Hidupkan Kembali Wakil Panglima TNI, Jokowi: Itu Juga Usulan Lama

Nur Aivanni | Politik dan Hukum
Hidupkan Kembali Wakil Panglima TNI, Jokowi: Itu Juga Usulan Lama

MI/Bary Fathahilah
Ada usulan penghidupan kembali posisi Wakil Panglima TNI. Usulan ini disebabkan TNI mengelola manajemen cukup besar.

 

PRESIDEN Joko Widodo mengatakan bahwa penghidupan kembali posisi wakil panglima TNI adalah usulan lama. Untuk pengisian posisi tersebut, dikatakannya, bisa dilakukan kapan pun.

"Itu juga usulan lama tetapi untuk pengisian memang belum. Bisa minggu depan, bisa bulan depan, bisa tahun depan," kata Presiden di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/11/2019) malam.

Saat ditanya mengenai urgensi posisi wakil panglima TNI, Jokowi menyampaikan bahwa itu dilakukan lantaran TNI mengelola sebuah manajemen yang besar.

"Coba berapa TNI kita yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Kalau di Polri saja ada Kapolri dan Wakapolri, Kejaksaan ada Jaksa Agung dan Wakil Jaksa Agung, iya kan. Di BIN ada Kabin ada Wakabin, iya kan," tuturnya.

Terkait mekanisme pemilihan siapa yang akan mengisi posisi wakil panglima TNI, dikatakan Jokowi, itu akan berasal dari usulan panglima.

"Tentu saja dari panglima," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyampaikan bahwa penghidupan kembali posisi wakil panglima TNI bukan lah hal yang mendadak. Saat Moeldoko menjadi panglima TNI juga mengajukan usulan untuk adanya jabatan tersebut.

baca juga: Meneladani Rasulullah Dalam Membangun Indonesia Maju

"Di situ juga ada keperluan. Kalau kita lihat secara komparatif dengan lembaga lain, Kapolri juga ada Wakapolri, BIN ada, K/L yang besar ada, Jaksa Agung juga ada. Sesuatu yang wajar lah," tandasnya. (OL-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More