Jumat 08 November 2019, 18:49 WIB

NasDem Akan Bahas Evaluasi Pilkada Langsung di Kongres

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
NasDem Akan Bahas Evaluasi Pilkada Langsung di Kongres

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Ketua Steering Committee (SC) Kongres II Partai NasDem Johnny G Plate

 

PARTAI NasDem menegaskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) dengan cara pemilihan langsung perlu dievaluasi dalam rangka meningkatkan kualitas demokrasi.

Melalui Kongres II, NasDem akan membawa isu ini ke dalam pembahasan yang melibatkan seluruh kader guna mendapatkan masukan yang terbaik mengenai mekanisme kepala daerah ke depan.

"Iya, kami akan melihat itu bagus sekali itu (pilkada) direview. Kami juga akan memberikan pikiran-pikiran kami dari hasil Kongres NasDem ini," kata Sekretaris Jenderal NasDem Johnny G. Plate di sela Kongres II dan HUT ke 8 Partai NasDem, di Jakarta, Jumat (8/11).

Baca juga: MPR Akan Kaji Usul Format Pilkada Asimetris

Menurut dia, NasDem melihat terdapat kelebihan dan kekurangan dalam penggunaan sistem pemilihan langsung di pilkada. Dengan begitu terdapat ruang evaluasi untun menekan dampak negatif sekaligus memperbesar efek baik dari penggunaan sistem pemilihan langsung.

Bahkan, kata dia, NasDem akan mengkaji penggunaan cara pemilihan langsung pada pemilihan presiden dan legislatif. Gagasan itu harus berkembang dan dibuka ruang untuk diskusi-diskusi yang rasional tetapi harus tetap relevan dengan konsensus bersama.

"Yang paling penting kan usulan itu dibangun dengan tiga dasar yakni pemikiran yang terbuka,, hati kita bersih dan open will atau kita punya keinginan untuk bangsa ini maju dan demokrasi kita maju dan berkembang dengan baik" pungkasnya. (OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More