Jumat 08 November 2019, 15:12 WIB

Mentan dan Menteri PU-Pera akan Sinkronkan Pembangunan Irigasi

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Mentan dan Menteri PU-Pera akan Sinkronkan Pembangunan Irigasi

MI/Susanto.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

 

MENTERI Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) masih terus bersafari ke berbagai kementerian yang bersinggungan dengan sektor agrikultur. Upaya tersebut dilakukan untuk mensinkronkan kebijakan yang dibuat antarkementerian sehingga tidak bertubrukan dan mampu memberi manfaat yang maksimal kepada masyarakat.

Yang terbaru, pada Jumat (8/11), SYL bertandang ke Kantor Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono, di Jakarta.

Ia datang untuk membahas program-program yang ada di dua kementerian namun bisa disinergikan seperti pembangunan irigasi. "Saya datang untuk menjajaki berbagai program yang mungkin bisa disatukan dengan kementerian PU-Pera yang memang tupoksinya ada di pembangunan infrastruktur," ujar SYL.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Pertanian (Kementan) dan Kementerian PU-Pera sama-sama diembani tugas untuk mengurus sistem irigasi. Hanya saja, Kementan hanya bertanggung jawab pada irigasi tersier. Adapun, Kementerian PU-Pera memiliki konsentrasi yang lebih besar di irigasi primer dan tersier.

"Pertanian itu hanya akan ada kalau didukung irigasi yang baik. Kami mendapat komitmen, dukungan, dari Pak Menteri Basuki untuk terus menyediakan sistem irigasi di seluruh sentra pertanian," sambung dia.

Menyambung pernyataan SYL, Basuki mengatakan pihaknya, dalam lima tahun ke depan, sudah menyiapkan program pembangunan jaringan irigasi baru seluas 500 ribu hektare (ha).

Ada juga program rehabilitasi sistem irigasi untuk menggenangi lahan seluas 2,5 juta ha. "Lima tahun lalu kita sudah bangun satu juta jaringan irigasi baru. Rehabilitasi tiga juta ha. Ke depan pasti akan dilanjutkan," tutur Basuki.

Ia mengungkapkan, pihaknya bersama Kementan akan berkoordinasi memetakan daerah-daerah mana saja yang memang sangat butuh direhabilitasi atau dibangun jaringan irigasi baru.

"Kami sudah pegang 15 provinsi yang jadi sentra pertanian. Nanti kami sinkronkan. Jangan sampai bangun irigasinya ada di sini, lahan pertaniannya ada di mana," ucapnya.(OL-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More