Jumat 08 November 2019, 14:14 WIB

Mensos : Pahlawan adalah Sosok yang Perjuangkan Demi Orang Banyak

mediaindonesia.com | Humaniora
Mensos : Pahlawan adalah Sosok yang Perjuangkan Demi Orang Banyak

MI/Bary Fathahilah
Menteri Sosial, Juliari P. Batubara

 

JELANG memperingati Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada 10 November, Menteri Sosial, Juliari P. Batubara mengatakan bahwa sosok pahlawan merupakan seseorang yang menomorduakan dirinya, demi kepentingan orang banyak.

"Pahlawan adalah sosok yang memperjuangkan kepentingan orang banyak dan mendahulukan kepentingan orang banyak dibanding kepentingan diri sendiri," kata Juliari, saat ditemui di Kantor Kementerian Sosial, Jakarta, Jumat, (8/11).

Sebagaimana sebelumnya, jelang peringatan Hari Pahlawan Nasional, Presiden Joko Widodo akan memberikan gelar pahlawan nasional kepada sejumlah tokoh, siang ini, (8/11) di Istana Negara.

Wakil Ketua Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan Negara Jimly Asshiddiqie menyebut, rencananya ada enam tokoh yang akan diberi gelar pahlawan nasional.

"Dari 20 yang diajukan, oleh Menteri Sosial, kita akhirnya sampai pada kesimpulan tahun ini enam saja," ujar Jimly Asshiddiqie.

Dikatakanya, keenam tokoh terpilih tersebut telah diseleksi dengan ketat oleh pihaknya, dan dinyatakan layak mendapatkan gelar pahlawan nasional.

"Yang jelas semua tokoh-tokoh yang anggota BPUPKI maupun PPKI yang sampai sekarang belum dianugerahi gelar pahlawan nasional itu yang kita utamakan dulu," jelas Jimly.

"Itu kita utamakan karena mereka itu yang telat belum mendapatkan penghargaan. Nah selebihnya dari daerah daerah, termasuk daerah yang belum sama sekali ada pahlawan nasionalnya," tandasnya. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More