Jumat 08 November 2019, 11:35 WIB

Pemerintah Anugerahi Sardjito Sebagai Pahlawan Nasional

Ardi Teristi | Humaniora
Pemerintah Anugerahi Sardjito Sebagai Pahlawan Nasional

ugm.ac.id
Ilustrasi -- Para siswa berfoto dengan Patung Prof Sardjito di Museum Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

 

REKTOR pertama Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Dr. M. Sardjito, MPH, dianugerahi gelar Pahlawan Nasional, Jumat (8/11/2019) di Jakarta. UGM pun mengajak masyarakat meneladani sosok Prof Sardjito. Rektor UGM, Prof Panut Mulyono mengaku bangga dengan gelar Pahlawan Nasional bagi almarhum Prof Sardjito.

"Semoga kita dapat meneladani semangat dan ketulusan almarhum dalam berjuang bagi masyarakat, bangsa, dan negara. Almarhum Prof Sardjito adalah ilmuwan pejuang dan pejuang ilmuwan," kata Panut dalam keterangan resmi, Jumat (8/11/2019).

Salah satu anggota tim pengusul gelar pahlawan bagi Prof Sardjito, Prof Sutaryo menyampaikan, pada 2011 tim mulai menyiapkan pengusulan dan pada Juli 2012 sudah ada surat pengusulan.

Menurut Sutaryo, Sardjito merupakan sosok ilmuwan pejuang sekaligus pejuang  ilmuwan. Sardjito fokus dan aktif waktu itu di bidang pendidikan seperti di Budi Utomo. Sardjito juga sebagai peletak Pancasila sebagai dasar perguruan tinggi di Indonesia. Ia juga dikenal sebagai pendiri PMI dan banyak meneliti obat-obatan bagi rakyat maupun pejuang kemerdekaan.

"Ya sarjana komplet. Aktif di sosial, budaya, perdamaian dan seni rupa juga," kata dia.

Anugerah ini juga disambut bahagia pihak keluarga almarhum Sardjito. Budhi Santoso, salah satu keluarga Sardjito, merasa bahagia dengan anugerah tersebut. Mewakili keluarga Budhi mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang telah berusaha secara maksimal memperjuangkan Sardjito sebagai Pahlawan Nasional.

baca juga: Menkes Terawan Usulkan Iuran BPJS Kelas III Dapat Subsidi

"Ini anugerah istimewa bagi keluarga. Atas nama keluarga kami mengucapkan terima kasih kepada tim yang telah memperjuangkan pemberian gelar tersebut," pungkas Budhi. (OL-3)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More