Sabtu 09 November 2019, 01:05 WIB

Tentang Menata Hati dan Beranjak Maju

Galih Agus Saputra | Weekend
Tentang Menata Hati dan Beranjak Maju

Antara News/Klik Film
Salah satu adegan dalam film Crazy Romance (2019).

Drama percintaan tampaknya kembali melekat pada citra dua aktor asal Korea Selatan yang 16 tahun lalu sempat beradu akting dalam kisah berjudul Snowman (2003). Kim Rae Won dan Gong Hyo Jin reuni dalam Crazy Romance (2019), yang tengah digadang-gadang sebagai salah satu film terlaris di Korea Selatan tahun ini.

Film tersebut kabarnya juga sudah diekspor ke-22 negara seperti Singapura, Filipina, Hong Kong, Makau, Australia, dan Selandia Baru. Lalu, apa yang sesungguhnya menjadi daya tarik dalam film garapan sutradara Kim Han-gyeol itu?

Crazy Romance (2019) berkisah tentang dua orang pekerja di suatu agensi iklan, Jae-hoon (Rae Won) dan Sun-young (Hyo Jin). Masing-masing tengah bergelut dengan kisah cinta yang tak mulus. Keduanya bertemu dan berkenalan dalam sebuah tim kerja.

Sepanjang cerita, penonton disuguhi dengan kisah cinta antara Jae-hoon dan Sun-young. Han-gyeol memberikan sentuhan komedi gelap (dark comedy) yang dalam banyak adegan barang kali terlihat tak lazim, namun menawarkan suatu hal yang cukup segar dan realistis.

Dark comedy ialah salah satu subgenre komedi dengan topik yang kerap menyentuh hal tabu atau bisa saja tidak masuk akal. Ia barangkali juga mengulik atau mendobrak pakem dengan balutan lelucon yang kadang kala menjadi kritik sosial. Ia bahkan menggelitik berbagai persoalan mulai dari perang hingga tradisi atau kebudayaan, dengan harapan bahwa pemirsanya mendapatkan pengalaman katarsis atau sekadar menertawakan situasi maupun pengalaman di sekitar.

Sama halnya dalam Crazy Romance (2019), beberapa adegan juga menunjukkan hal demikian. Seluruhnya terwakili oleh sosok Jae-hoon yang sentimentil dan Sun-young yang rasional. Unsur dark comedy bahkan sudah tampak sejak menit-menit awal melalui sosok Jae-hoon. Ia memiliki teman lama yang menganggap bahwa pernikahan adalah suatu keputusan yang salah karena justru mengorbankan kebebasan. Sebaliknya, Jae-hoon sendiri adalah orang yang ingin menikah, namun sayangnya rencana itu kandas karena sang kekasih berselingkuh.

Kisah putus cinta juga dialami Sun-young. Ia dituduh berselingkuh oleh mantan pacarnya, dan sebaliknya tuduhan itu ia balas dengan kalimat yang barang kali jarang terdengar asing oleh pasangan pada umumnya. Dalam sebuah percakapan lewat telepon, Sun-young mengatakan bahwa sang mantan bukanlah lelaki perkasa, layaknya para lelaki yang disebut menjadi selingkuhannya. Akibat peristiwa itu pula, sang mantan kemudian berhenti mengganggu kehidupan Sun-young.

Sementara itu, awal mula kisah asmara Jae-hoon dan Sun-young sendiri juga tidak kalah absurd. Jae-hoon yang frustrasi karena gagal menikah menjadi pecandu alkohol dan sering menelepon sembarangan termasuk ke nomor Sun-young. Peristiwa itu kemudian memantik berbagai kejadian lainnya, termasuk bagaimana akhirnya Sun-young benar-benar merasa harus bertemu dengan Jae-hoon setelah idenya diterima untuk suatu proyek iklan.

Serangkaian humor yang tak awam itu kemudian menjadi kisah yang cukup relevan karena dibalut dengan latar (setting) zaman milenial dengan pernak-perniknya yang serba digital. Berbagai adegan menggambarkan bagaimana para pemain selalu bergantung pada internet dan media sosial. Bahkan, pada kesempatan tertentu mereka juga menggunakan aplikasi obrolan (chatting) barang untuk berbicara dengan teman sekantor.

Film ini juga tak mengobral dialog rayuan, atau perlakuan manis lantaran tokoh Jae-hoon dan Sun-young ialah sejoli yang telah berusia 30 tahunan sehingga cenderung logis dalam beromansa.

Seluruh adegan selanjutnya menjadi tampak segar karena dihiasi dengan tampilan visual yang cukup menawan. Seni grafis yang digunakan bahkan terlihat sangat pop, dimana hal tersebut selanjutnya turut mempertegas kesan bahwa Crazy Romance (2019) menawarkan sesuatu yang segar. Terdengarnya nada dering (ring tone) di sejumlah kesempatan juga menjadi salah satu penanda bahwa film ini benar-benar bercerita tentang kehidupan di era digital.

Crazy Romance (2019) kini tengah tayang di bioskop Tanah Air sejak 6 November 2019. Dan terlepas dari berhasil atau tidaknya film dewasa berdurasi 110 menit itu mengulang kesuksesan seperti di Korea Selatan, ia patut direkomendasikan bagi penonton yang ingin mendapatkan hiburan dengan sentuhan 'komedi tak normal'. (M-2)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More