Jumat 08 November 2019, 04:40 WIB

Wartawati Pertama Indonesia Jadi Pahlawan Nasional

(Ant/H-1) | Humaniora
Wartawati Pertama Indonesia Jadi Pahlawan Nasional

wikipedia
WARTAWATI perempuan pertama di Indonesia asal Koto Gadang, Kabupaten Agam Sumatra Barat Roehana Koeddoes resmi ditetapkan menjadi pahlawan

 

WARTAWATI perempuan pertama di Indonesia asal Koto Gadang, Kabupaten Agam Sumatra Barat Roehana Koeddoes resmi ditetapkan menjadi pahlawan nasional tahun ini. "Kami sudah dapatkan surat undangan untuk penganugerahan gelardi Istana Negara, Jumat (8/11).

Suratnya sudah disampaikan ke gubernur dan ahli waris," kata Kepala Dinas Sosial Sumbar, Jumaidi di Padang, kemarin. Penetapan gelar pahlawan nasional itu diputuskan dalam pertemuan antara Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan dengan Presiden Joko Widodo, Rabu (6/11). Untuk diketahui, Roehana Koeddoes pernah dua kali diusulkan Pemprov Sumbar sebagai pahlawan nasional dari provinsi itu.

Terakhir diusulkan pada 2018. Meski sudah memenuhi syarat namun belum beruntung ditetapkan sebagai pahlawan nasional. Roehana merupakan wartawati di Sumbar lahir di Koto Gadang, pada 20 Desember 1884 dan meninggal di Jakarta pada 17 Agustus 1972 pada usia 87 tahun.

Ia hidup pada zaman yang sama dengan Kartini, di mana akses perempuan untuk mendapat pendidikan yang baik sangat dibatasi. Ia adalah pendiri surat kabar perempuan pertama di Indonesia yang turut membantu pergerakan politik dengan tulisannya yang membakar semangat juang para pemuda. (Ant/H-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More