Kamis 07 November 2019, 22:40 WIB

Badan POM Tindak Usaha Bakso Ilegal

Badan POM Tindak Usaha Bakso Ilegal

Ist
Bakso ilegal

 

KANTOR Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) di Kabupaten Tangerang, Banten, bersama Direktorat Pengawas Pangan Rendah dan Sedang Badan POM memeriksa sarana produksi bakso di daerah Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang, untuk menindaklanjuti pengaduan masyarakat.

Pada pemeriksaan yang dilakukan Rabu (6/11), ditemukan sebayak 12 item bakso sejumlah 1.318 pak produk jadi bakso tanpa izin edar (TIE), bahan baku, kemasan produk jadi sebanyak 8.200 lembar dan beberapa mesin produksi. Temuan itu diperkirakan mencapai nilai nominal hingga 23 juta rupiah.

Produksi bakso ilegal tersebut telah dilakukan sejak tahun 2016 dan tak tanggung-tanggung bakso telah di-edarkan di sekitar Provinsi Banten hingga Cianjur, Jawa Barat.

"Karena itu, kami selalu mengingatkan masyarakat untuk selalu menjadi konsumen yang cerdas dengan selalu cek KLIK: cek kemasan, label, izin edar, dan kedaluwarsa sebelum membeli obat dan makanan," seru Badan POM dalam keterangan resminya di laman pom.go.id, kemarin.

Formalin dan boraks merupakan bahan pengawet yang dilarang penggunaannya di dalam pangan.

Formalin biasanya digunakan sebagai bahan pengawet mayat dan ditemukan pada beberapa makanan, seperti mi basah, tahu, ikan asin, bakso, dan permen.

Boraks biasanya digunakan sebagai herbisida, insektisida, dan fungisida.

Selain digunakan sebagai pengawet, boraks juga sering digunakan sebagai pengenyal makanan seperti bakso, lontong, mi, kerupuk, dan makanan tradisional lainnya.

Ciri-ciri bakso yang mengandung boraks dan formalin, yaitu memiliki tekstur sangat kenyal dan warna lebih putih yang akan menjadi abu-abu tua jika ditambahkan obat bakso secara berlebihan.

Selain bakso, zat berformalin juga kerap ditemukan di tahu, daging ayam, mi basah, kerupuk, roti, es krim, minuman berwarna terang, dan jajanan pasar dengan warna mencolok. (Zhi/J-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More