Kamis 07 November 2019, 18:11 WIB

Ini Tiga Poin Kualifikasi kabareskrim Baru Versi Masyarakat Sipil

Ferdian Ananda Majni | Politik dan Hukum
Ini Tiga Poin Kualifikasi kabareskrim Baru Versi Masyarakat Sipil

MI/Adam Dwi
Deputi Bidang Riset Lokataru Mufti Makarim

 

PERGANTIAN pucuk pimpinan Kepolisian Republik Indonesia dari Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian ke Jenderal Polisi Idham Azis menyisakan jabatan kosong di Kepala Badan Reserse Kriminal Mabes Polri/

Deputi Bidang Riset Lokataru Mufti Makarim mengatakan ada tiga poin yang harus dipenuhi oleh calon Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) pengganti Idham Azis.

"Pertama paling tidak calon Kabareskrim punya pengalaman kerja di bidang reserse dan kriminal baik itu di level daerah sampai level nasional," ujar Mufti, saat dikonfirmasi Rabu (6/11).

Poin kedua, Kabareskrim yang akan datang harus bisa memenuhi ekspektasi masyarakat dalam menyelesaikan kasus-kasus yang menjadi perhatian publik.

"Kabareskrim yang baru harus diterima masyarakat karena kita tahu tantangan di Reskrim saat ini cukup besar sebab ada harapan masyarakat terhadap kepolisian yakni bisa menyelesaikan kasus yang menyita perhatian publik," sebutnya

Baca juga : Penunjukan Kabareskrim Baru Harus Melalui Mekanisme Wanjakti

Mufti menjelaskan merit sistem juga harus menjadi acuan bagi Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dalam menetukan siapa yang layak mengisi jabatan Kabareskrim baru.

"Artinya yang sudah layak jenjang karir, kepangkatan dan masa tugasnya ini penting agar terjadi sinergi dalam tubuh kepolisian," ujarnya.

Sementara itu, terkait isu perlunya Kabareskrim baru yang harus punya kemampuan dalam rangka penanganan teror, Mufti menjelaskan bahwa hal itu menjadi prioritas apalagi secara makro situasi nasional pascapilpres cukup memprihatinkan.

"Kalau soal radikalisme, konteksnya soal terorisme sudah menjadi kewenangan Densus 88, tapi kalau soal ancaman keamanan secara makro memang relevan, karena itu cakabareskrim harus punya kedekatan dengan tokoh-tokoh masyarakat dan agama serta bisa menjalakan aspirasi masyarakat," pungkasnya.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal mengatakan Kapolri Jenderal Idham Azis akan segera menunjuk Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) baru dalam beberapa hari mendatang.

Baca juga : Teruskan Tongkat Estafet, Ini Harapan Tito ke Idham Azis

"Insyallah kalo beberapa hari lagi insyallah. Ini jadi prioritas beliau tapi kan ada mekanismenya," kata Iqbal di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (5/11)

Iqbal menambahkan, penentuan posisi Kabareskrim merupakan hak prerogatif Kapolri. Namun, proses mekanismenya juga melalui Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Mabes Polri.

"Memang hak prerogatif seorang kapolri tapi harus ada rapat dewan kebijakan tinggi yang dipimpin oleh wakapolri dan staf," sebutnya. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More