Kamis 07 November 2019, 16:37 WIB

Disentil Presiden, Pengadaan Cangkul Tidak lagi Impor

Andhika prasetyo | Ekonomi
Disentil Presiden, Pengadaan Cangkul Tidak lagi Impor

MI/ Susanto
Agus Gumiwang

 

MENTERI Perindustrian Agus Gumiwang akan mewajibkan seluruh kementerian/lembaga melakukan belanja modal dan belanja barang dari dalam negeri terutama untuk pengadaan cangkul.

"Kalau belanja cangkul yang anggarannya dari APBN, itu akan kita wajibkan dari dalam negeri," ujar Agus di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (7/11).

 

Baca juga: Ekonom Percaya dengan Data dari Badan Pusat Statistik

 


Pernyataan Agus disampaikan merespons kegeraman Presiden Joko Widodo saat mengetahui Indonesia masih mengimpor cangkul. Terlebih, pengadaan barang tersebut dilakukan oleh kementerian/lembaga negara dengan menggunakan APBN.

Agus menyebut industri Tanah Air sudah sangat mampu menghasilkan cangkul. Bahkan kapasitas produksi per tahun bisa mencapai 500 ribu unit.

Dari segi kualitas pun, ia menyebut cangkul lokal tidak kalah dengan produk asing.

Jadi menurutnya, kebiasaan mengimpor cangkul selama ini bukanlah karena mutu yang ditawarkan, melainkan karena memang tidak adanya kesadaran.

"Sekarang tinggal kita munculkan kesadaran dari offtaker, baik pengguna dari sektor industri maupun kementerian/lembaga. Pemerintah akan dorong pihak-pihak yang butuh cangkul untuk menyerap dari dalam negeri," tuturnya. (OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More