Kamis 07 November 2019, 16:33 WIB

Menkes Upayakan Iuran BPJS Kelas Tiga Tidak Naik

Tosiani | Nusantara
Menkes Upayakan Iuran BPJS Kelas Tiga Tidak Naik

Antara
Menkes Terawan mengaku sedang mengupayakan agar iuran BPJS Kesehatan kelas tiga tidak naik.

 

MENTERI Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto menyatakan, hingga saat ini pihaknya masih menghitung subsidi yang harus digelontorkan agar tidak ada kenaikan tarif BPJS untuk pasien kelas tiga di rumah sakit. Kenaikan hanya berlaku untuk pasien yang dirawat di kelas 1 dan 2 saja.

"Kami baru upayakan pertemuan beberapa menteri supaya kelas 3 tidak naik, tentu dengan subsidi. Untuk kelas 1 dan 2 tetap naik. Dan kelas 3 akan tersubsidi. Kita baru hitung supaya tidak salah," cetus Dr Terawan di sela kunjungannya ke Magelang, Jawa Tengah, Kamis (7/11/2019).

Terawan memastikan, pemerintah akan tetap membantu rakyat dalam hal kesehatan. Anggaran untuk subsidi tetap akan digelontorkan agar tidak ada kenaikan di kelas tiga rumah sakit. Pada kesempatan itu, Terawan mengatakan Kementerian Kesehatan telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp9,7 triliun untuk mengatasi defisit akibat tunggakan BPJS di tujuh rumah sakit di Jawa Tengah.

"Dengan adanya penggelontoran ini bisa membantu mengurangi defisit," ungkapnya.

baca juga: Polri Gandeng BNI Wujudkan Digitalisasi Setoran Plat Nomor Cantik

Penggelontoran anggaran sebesar Rp 9,7 triliun tersebut, menurut Terawan sudah ia tanda tangani. Selanjutnya anggara tersebut diajukan ke Kementerian Keuangan untuk mengurangi beban tujuh rumah sakit akibat tunggakan BPJS. (OL-3)

 

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More