Kamis 07 November 2019, 11:05 WIB

DPR Ingin Kabareskrim yang Berpengalaman

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
DPR Ingin Kabareskrim yang Berpengalaman

MI/Susanto
Anggota Komisi III DPR dari Fraksi PAN Sarifudin Sudding (tengah)

 

DPR RI menginginkan calon Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri memiliki pengalaman berikut rekam jejak yang baik. Selain itu, pengganti posisi yang ditinggalkan Jenderal Idham Azis harus memiliki pangkat tinggi dan senior supaya andal menghadapi tantangan, termasuk di tahun politik 2020.

"Kalau (pengisi Kabareskrim) diambil dari yang masih junior dan belum teruji, khawatirnya bisa saja terjadi disharmonisasi dan mengganggu kinerja di internal kepolisian," kata anggota Komisi III DPR dari Fraksi PAN Sarifudin Sudding melalui keterangan resmi, Kamis (7/11).

Ia mengungkapkan terdapat beberapa jenderal senior angkatan 87, 88 dan 89 yang cocok untuk jadi Kabareskrim. Dia optimistis angkatan senior tersebut dinilai dapat bergandengan dengan Kapolri dalam menjalankan visi dan misinya ke depan.

Baca juga: Polri: Kabareskrim Baru Ditunjuk Beberapa Hari Lagi

Hal itu penting karena tahun angkatan masuk kepolisian menunjukkan kedalaman pengalaman yang akan berimbas pada kinerja selaku Kabareskrim. Terlebih, Polri akan menghadapi tahun politik, karena itu dibutuhkan sosok yang mampu meredam sejumlah peristiwa berskala nasional.

"Nah, orang-orang yang memiliki rekam jejak baik dan senior harus menduduki jabatan Kabareskrim karena lebih berpengalaman mengatasi itu," pungkasnya.

Seperti diketahui, kursi Kabareskrim Polri kosong setelah ditinggal Jenderal Idham Azis yang ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Kapolri. Idham menggantikan Kapolri sebelumnya yakni Tito Karnavian yang diamanatkan menjadi Menteri Dalam Negeri.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More