Kamis 07 November 2019, 08:30 WIB

Kongres NasDem Bahas 4 Agenda Utama

Nur Aivanni | Politik dan Hukum
Kongres NasDem Bahas 4 Agenda Utama

MI/PIUS ERLANGGA
(kiri-kanan) Ketua Bidang ESDM dan Lingkungan DPP Partai Nasdem Zulfan Lindan, Ketua OC Kongres II Partai Nasdem Amelia Anggraini.

 

SEKJEN Partai NasDem Johnny G Plate menyampaikan bahwa ada empat rancangan keputusan yang akan dilakukan dalam kongres Partai NasDem yang digelar pada 8-11 November 2019.

Pertama, pemilihan dan penetapan ketua umum Partai NasDem periode 2019-2024. Juga sekaligus perubahan organisasi baik terkait dengan transformasi maupun regenerasi politik.

Kedua, rancangan keputusan terkait dengan Garis-garis Besar Haluan Partai (GBHP) yang akan jadi acuan dasar Partai NasDem dan seluruh organisasi sayapnya, para politisi Partai NasDem 5 tahun ke depan 2019-2024.

Ketiga, rancangan keputusan terkait rekomendasi-rekomendasi politik, baik rekomendasi politik internal Partai NasDem maupun rekomendasi terkait jalannya pemerintahan 5 tahun ke depan dan sekaligus peran Indonesia di arena-arena internasional.

Keempat, rancangan keputusan tentang pemilihan umum, termasuk di dalamnya pemilihan presiden. Partai NasDem, kata Johnny, mempunyai beberapa target politik kontestasi demokrasi 2019-2024, yaitu persiapan dan strategi untuk mencanangkan kemenangan Pilkada 2020, Pemilihan Umum Legislatif 2024, dan Pemilihan Presiden 2024.

''Kongres Partai NasDem yang mengambil tema Restorasi untuk Indonesia maju tersebut akan dihadiri lebih dari 7.000 peserta. Mereka terdiri atas dewan pimpinan pusat, dewan pimpinan wilayah tingkat provinsi, dewan pimpinan daerah tingkat kabupaten/kota se-Indonesia,'' kata Johnny.

Ketua DPP NasDem Amelia Anggraini menyampaikan bahwa persiapan pelaksanaan Kongres Partai NasDem sudah mencapai 90%. Adapun tokoh-tokoh yang akan diundang saat pembukaan kongres hanya lah tokoh-tokoh internal, beberapa tamu VIP dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selaku tuan rumah DKI Jakarta.

"Untuk presiden dan wakil presiden, menteri kabinet jilid II, duta besar negara sahabat, ketua partai politik akan diundang pada penutupan kongres tanggal 11 (November).''

 

Gubernur DKI

Johnny menambahkan gubernur yang akan hadir dalam Kongres Partai NasDem tidak hanya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, tetapi juga ada sejumlah gubernur lain yang juga merupakan bagian dari keluarga besar NasDem.

Mereka ialah Gubernur NTT Victor Laiskodat, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Nantinya, Anies Baswedan akan memberikan sambutan dalam Kongres Partai NasDem selaku tuan rumah DKI Jakarta.

Untuk pembukaan, kata Johnny, akan tetap dilakukan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh sebelum dinyatakan demisioner. "Yang buka Ketua Umum Partai NasDem sebelum dinyatakan demisioner.''

Di sisi lain, dalam konggres nanti ma-yoritas kader NasDem di daerah menginginkan Surya Paloh kembali menjadi Ketua Umum Partai NasDem periode 2019-2024. Johnny menyampaikan bahwa mekanisme pemilihan dan penetapan Ketua Umum Partai NasDem akan dilaksanakan sesuai AD/ART Partai NasDem. (Uta/P-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More