Kamis 07 November 2019, 07:20 WIB

Sejumlah Daerah Siap Gelar Pilkada

(LD/LN/RS/AP/BB/MC/RF/N-1) | Nusantara
Sejumlah Daerah Siap Gelar Pilkada

ilustrasi
pilkada

 

SEJUMLAH daerah yang akan menggelar pilkada serentak pada September 2020 telah bersiap memulai tahapan pesta demokrasi itu. Dana untuk penyelenggaraannya telah disepakati meski sebagian tidak sebesar yang diajukan komisi pemilihan umum (KPU) setempat.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga, Jawa Tengah (Jateng), menyiapkan Rp45 miliar untuk pilkada itu. Jumlah itu lebih rendah jika dibandingkan dengan yang diajukan KPU.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, anggaran Rp45 miliar itu telah diputuskan. Anggaran tersebut terdiri dari penyelenggaraan pilkada oleh KPU sebesar Rp30,15 miliar dari usulan sebesar Rp42,3 miliar.

Kemudian, anggaran pengawasan pelaksanaan pilkada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Rp9,68 miliar dari usulan Rp16 miliar, dan pengamanan pilkada kepolisian dan sosialisasi stakeholder terkait sebesar Rp5 miliar.

Menurutnya, selain penyelenggaraan pilkada, Purba-lingga juga akan melangsungkan pemilihan kepala desa (pilkades). "Dalam penyelenggaraan pilkades, pemkab mengalokasikan dana Rp1,12 miliar," katanya.

Sementara itu, KPU Kota Makassar, Sulawesi Selatan, akan menggelar peluncuran pemilihan Wali Kota Makassar 2020 di pusat kuliner Pasar Segar Panakkukang, Makassar. Peluncuran pilkada mengusung tema Pesta kita semua.

Menurut Komisioner KPU Makassar Gunawan Mashar, tema tersebut diambil karena pemilihan Wali Kota Makassar 2020 dirancang dengan semangat lebih segar dan menyenangkan.

Dalam pilkada serentak mendatang, KPU Kabupaten Tabanan, Bali, menetapkan persyaratan untuk calon perseorangan atau independen. Antara lain harus mampu mengumpulkan 8,5% fotokopi KTP dukungan atau 31.123 dari 366.150 pemilih yang tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Ketua KPU Tabanan Gede Putu Weda Subawa mengatakan, ketentuan itu sesuai dengan aturan bahwa bila jumlah DPT di bawah 400 ribu pemilih, dukungan KTP harus 8,5%. (LD/LN/RS/AP/BB/MC/RF/N-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More