Kamis 07 November 2019, 04:50 WIB

Pemerintah Sediakan Dana Alokasi Kebudayaan Rp5 Triliun

(Ind/H-3) | Humaniora
Pemerintah Sediakan Dana Alokasi Kebudayaan Rp5 Triliun

ANTARA/HO-Kemenko PMK
Menko PMK Muhadjir Effendy saat menghadiri Peringatan Hari Wayang Dunia Ke-V dan Hari Wayang Nasional Tahun 2019 di Institut Seni Indonesia

 

MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menuturkan pihaknya akan tetap mengawal pemajuan kebudayaan nasional. Hal itu ia tegaskan pada peringatan Hari Wayang Dunia ke-V dan Hari Wayang Nasional 2019 di Pendhapa Ageng Mr GPH Djojo Kusumo, Institut Seni Indonesia (ISI), Surakarta, Selasa (5/11) malam.

"Tahun ini sudah ada dana alokasi khusus kebudayaan yang diharapkan jumlahnya tiap tahun meningkat, serta sudah disetujui adanya dana abadi kebudayaan sebesar Rp5 triliun," ungkap Muhadjir. Pihaknya juga mengupayakan regulasi turunan dari Undang-Undang No 5/2017 berupa Peraturan Presiden tentang Rencana Induk Pemajuan Kebudayaan (RIPK) dan Strategi Kebudayaan.

Menurut Menko PMK, dengan terbitnya berbagai regulasi tentang pemajuan kebudayaan, diharapkan kegiatan di bidang kebudayaan dapat lebih masif lagi lakukan oleh stakeholder, baik pemerintah, akademisi, maupun masyarakat umum. "

Salah satu contohnya peringatan Hari Wayang Dunia dan Nasional yang dilaksanakan saat ini," ujarnya. Wayang, kata Muhadjir, merupakan salah satu pilar utama seni budaya bangsa Indonesia yang adiluhung. (Ind/H-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More