Rabu 06 November 2019, 20:33 WIB

Turki Tangkap Istri Baghdadi di Suriah

Haufan Hasyim Salengke | Internasional
Turki Tangkap Istri Baghdadi di Suriah

AFP
Rasmiya Awad, saudara perempuan Abu Bakr al-Baghdadi

 

PRESIDEN Turki Recep Tayyip Erdogan mengumumkan penangkapan istri Abu Bakr al-Baghdadi di Suriah, seminggu setelah pemimpin kelompok teroris Islamic State (IS) tewas dalam operasi Amerika Serikat (AS).

Erdogan mengatakan ipar Baghdadi juga telah ditangkap oleh otoritas Turki.

Pengumuman itu datang hanya sehari setelah Ankara mengklaim pasukan Turki telah menangkap Rasmiya Awad, 65, kakak perempuan Baghdadi, bersama dengan suami dan menantunya di kota Azaz, tepat di seberang perbatasan dari Turki. Erdogan tidak merinci soal penangkapan mereka.

"Amerika Serikat mengatakan Baghdadi bunuh diri di sebuah terowongan. Mereka memulai kampanye komunikasi tentang itu," ujar Erdogan dalam pidato di Universitas Ankara, Rabu (6/11).

 

Baca juga: Trump Tawarkan Bantuan Kepada Meksiko Perangi Kartel Narkoba

 

"Tapi, saya mengumumkannya di sini untuk pertama kalinya: Kami menangkap istrinya dan tidak membuat kehebohan dan keributan seperti mereka (AS). Demikian pula, kami juga menangkap saudara perempuan dan iparnya di Suriah," tambahnya.

Baghdadi salah satu pria paling dicari di dunia. Presiden Donald Trump mengumumkan kematiannya pada konferensi pers di Gedung Putih pada 27 Oktober lalu.

Baghdadi meledakkan rompi bunuh diri setelah melarikan diri ke dalam terowongan buntu saat serangan AS di tempat persembunyiannya di provinsi Idlib, kata Trump. (BBC/OL-8)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More