Rabu 06 November 2019, 20:21 WIB

PGN Dorong Masyarakat Sumut Manfaatkan Biogas

Yoseph Pencawan | Nusantara
PGN Dorong Masyarakat Sumut Manfaatkan Biogas

ANTARA/AJI STYAWAN
Ilustrasi -- instalasi reaktor biogas PT PGN (persero) Tbk

 

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) mendorong masyarakat Sumatra Utara untuk memanfaatkan penggunaan sumber energi biogas untuk keperluan sehari-hari karena lebih efisien dan ramah lingkungan.

Sales Area Head PGN Medan Saeful Hadi mengungkapkan, baru-baru ini pihaknya telah menyalurkan CSR berupa perlengkapan alat biogas kepada masyarakat Huta Sitio-tio, Desa Silimalombu, Kecamatan Onanrungu, Kabupaten Samosir.

"Peralatan biogas diperlukan oleh masyarakat untuk meningkatkan kembali ekosistemnya," kata dia, Rabu (6/11).

Peralatan yang diberikan adalah instalasi sederhana pengolah kotoran yang dapat menghasilkan biogas untuk sumber energi alternatif.

Seperti aliran listrik, memasak, atau kebutuhan energi lainnya. Dia memastikan penggunaan biogas ini jauh lebih ramah lingkungan dan hemat, sama seperti penggunaan gas bumi.

Selain menyalurkan, PGN juga memberikan pelatihan kepada masyarakat di sana agar mereka memahami bagaimana cara memasang dan menggunakan peralatan biogas yang berbahan baku kotoran hewan tersebut.

Menurut Saeful, ini merupakan salah satunya upaya pihaknya mendorong masyarakat Sumatra Utara melakukan pemanfaatan sumber energi biogas untuk keperluan sehari-hari.

Terlebih penggunaan biogas dinilai PGN sangat cocok untuk masyarakat di sekitar kawasan Danau Toba karena bersifat ramah lingkungan.

Dengan begitu akan mempermudah kebijakan pemerintah pusat menjadikan Danau Toba sebagai "Bali kedua".

Penyaluran CSR ini sekaligus menjadikan Desa Silimalombu sebagai daerah percontohan pemanfaatan biogas oleh PGN.

Baca juga: Program Biogas Jasa Tirta II Diakui Dunia

Masih terkait dengan CSR di Desa Silimalombu, PGN juga memberikan bantuan berupa buku-buku cerita.

Buku-buku tersebut diserahkan melalui Yayasan Alusi Toa Toba yang selama ini aktif dalam menggalakkan pendidikan di kawasan tersebut.

Menurut Saeful, ini bukan kali pertama PGN menyasar kawasan Danau Toba karena mereka pernah menyalurkan CSR berupa pembangunan toilet umum, dua tahun lalu.

Ini juga merupakan bentuk dukungan PGN kepada Danau Toba sebagai ikon Sumatra Utara yang dikenal dunia sebagai kawasan Geopark.

Selain itu, penyaluran CSR tersebut diharapkan pula dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya di sektor pertanian dan peternakan. (A-4)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More