Kamis 07 November 2019, 00:20 WIB

Demokrat Ungguli Republik di Dua Negara Bagian Amerika

Demokrat Ungguli Republik di Dua Negara Bagian Amerika

AFP
Andy Beshear dari Partai Demokrat Amerika Serikat

 

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan sekutunya dari Partai Republik menderita kekalahan sengit ketika Partai Demokrat diproyeksikan memenangi dua pemilihan kepala daerah di dua negara bagian AS. Kekalahan tersebut menjadi pukulan bagi Partai Republik yang tengah menggenjot kampanye untuk Pemilu Presiden pada 2020 mendatang.

Gubernur Kentucky dari Partai Republik, Matt Bevin, yang merupakan petahana, dikalahkan oleh penantangnya dari Partai Demokrat, Andy Beshear. Dalam pemilihan ketat tersebut, Beshear berhasil unggul 0.4 poin dari Bevin.

"Kami telah memanggil Jaksa Agung Beshear untuk menjadi gubernur terpilih di Kentucky," terang Sekretaris Negara Ketucky Alison Lundergan Grimes kepada CNN, Selasa (5/11).

Di Virginia, Partai Demokrat berhasil memenangi dukungan mayoritas suara di DPR dan Senat. Kemenangan itu memberikan Demokrat kontrol penuh bagi pemerintahan negara bagian Virginia dan membuka jalan bagi sejumlah undang-undang yang sebelumnya diblokir oleh Partai Republik.

"Demokrat bersaing dalam setiap pemilihan dan setiap negara bagian, menjalankan nilai-nilai kami, dan mengalirkan energi ke bilik suara. Itulah cara kami menang malam ini dan itulah cara kami akan mengalahkan Trump," pungkas Ketua Komite Nasional Partai Demokrat Tom Perez dalam sebuah pernyataan.

Tak hanya Kentucky dan Virginia, Mississippi juga menggelar pemilihan gubernur, Selasa lalu. Media AS memproyeksikan kandidat dari Partai Republik, yakni Tate Reeves, akan mengalahkan Jim Hood dari Demokrat.

Trump lantas memuji hasil perolehan suara Reeves dan memberikan ucapan selamat lewat Twitter-nya. "Selamat kepada @tatereeves atas kemenangan Gubernur Negara Bagian Mississippi. Rapat umum besar kita pada Jumat malam memindahkan angka-angka dari dasi ke kemenangan besar," tulis Trump. (AFP/CNN/Uca/I-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More