Rabu 06 November 2019, 17:04 WIB

Jokowi Harap Kontribusi Perbankan pada Agenda Utama Pemerintah

Ihfa Firdausya | Ekonomi
Jokowi Harap Kontribusi Perbankan pada Agenda Utama Pemerintah

ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka Indonesia Banking Expo 2019 di Jakarta, Rabu (6/11/2019).

 

PRESIDEN Joko Widodo berharap sektor keuangan dan perbankan di Indonesia lebih berkontribusi untuk beberapa agenda utama pemerintah. Agenda-agenda tersebut antara lain sektor infrastruktur dan pembangunan sumber daya manusia.

"Jadi ada agenda utama pemerintah, berikan back up ke sana! Meskipun kita juga mencari dana-dana dari luar agar ikut berpartisipasi baik lewat investasi maupun lewat kontribusi yang lain," ujar Presiden Jokowi ketika memberikan pidato pada acara Indonesia Banking Expo (IBEX) 2019 di Hotel Fairmont Jakarta, Rabu (6/11).

Baca juga: Presiden Minta Perbankan Turun ke Pelosok Daerah

Dalam mencari dana-dana dari luar, investasi harus diberikan kepada pihak swasta.

"Sudah bolak-balik juga saya sampaikan, secara khusus kepada Kepala BKPM, kalau ada investasi berikan yang pertama pada swasta. Kalau swasta tidak siap karena mungkin internal rate of returnnya masih rendah, berikan kepada BUMN karena bisa disuntik PMN, kalau BUMN gak mau, diambil alih oleh pemerintah lewat APBN," imbuh presiden.

Cara-cara tersebut, menurutnya, akan terus dikembangkan oleh pemerintah.

"Tapi back up dari sektor keuangan, dari perbankan, sangat penting untuk berjalannya agenda-agenda utama negara kita. Jadi tolong ini diprioritaskan," pungkasnya.(OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More