Rabu 06 November 2019, 17:45 WIB

TNI Prioritaskan Peningkatan Kekuatan Pertahanan

Golda Eksa | Politik dan Hukum
TNI Prioritaskan Peningkatan Kekuatan Pertahanan

ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kedua kanan) menyampaikan paparannya saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR.

 

SECARA umum rencana kerja TNI pada 2020 yakni melanjutkan pembangunan postur TNI. Hal itu meliputi pembangunan kekuatan, pembinaan kemampuan, serta gelar kekuatan.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengemukakan hal itu disela-sela rapat kerja TNI dan Komisi I DPR RI, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (6/11). Rapat tersebut dipimpin oleh Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid.

Baca juga: 4 Pangkalan Militer RI Antisipasi Ancaman

Hadi yang didampingi Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana Siwi Sukma Adji, dan KSAU Marsekal Yuyu Sutisna, menegaskan prioritas bidang pertahanan pada 2020 diarahkan untuk peningkatan kekuatan pertahanan.

Prioritas lainnya, terang dia, ialah penguatan kemandirian pertahanan serta penguatan kapasitas kelembagaan pertahanan dan keamanan di wilayah perbatasan dan pulau terluar.

"Pembangunan kekuatan TNI dilaksanakan dengan melakukan validasi organisasi sesuai Perpres Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI dan Pemenuhan Personel TNI," ujar Hadi.

Sementara untuk pemenuhan kebutuhan alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI, sambung dia, akan dilaksanakan dalam lima tahun dan tetap mengacu pada rencana strategis (Renstra) III TNI periode 2020-2024.

Mantan KSAU itu menuturkan, pada 2020 pihaknya bakal melaksanakan pembangunan pelbagai fasilitas atau sarana prasarana, seperti pemenuhan sarpras pengamanan perbatasan, pulau terluar, dan daerah rawan.

Berikutnya, melanjutkan pembangunan kekuatan TNI di Pulau Natuna dan Pulau Yamdena/Selaru, melanjutkan pembangunan barak standby force dan sarpras Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI, serta melaksanakan pembangunan sarpras Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) TNI I, II, dan III. (Gol/A-3)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More