Rabu 06 November 2019, 17:30 WIB

Youtube Music Menjawab Kebutuhan Musik Tanah Air

Galih Agus Saputra | Weekend
Youtube Music Menjawab Kebutuhan Musik Tanah Air

Dok. Youtube music
Google hadirkan Youtube Music.

POTENSI industri musik di Tanah Air menarik perhatian Google. Pada 7 November 2019, Google meluncurkan Youtube Music di Indonesia yang sudah bisa diunduh melalui Play Store dan App Store.

Youtube Music merupakan aplikasi (web player) dari Youtube yang didesain ulang, khusus mendengarkan musik. Di aplikasi ini tersedia beragam lagu, official album, ribuan daftar putar (playlist), dan stasiun radio artis, yang mana juga dipadukan dengan deretan campuran (remix) video dari Youtube. Melalui peranti ini, pengguna juga dapat mendengarkan lagu favorit yang berasal dari video atau pentas langsung (live), maupun video cover.

Head of Music Content Partnerships Youtbe South East Asia, Ruuben Van Den Heuvel mengatakan pihaknya sangat antusias untuk mendekatkan diri dengan pecinta musik Indonesia. Ia juga mengaku bangga dengan keragaman seni dan budaya yang ada di Nusantara. "Kini kami semakin bangga karena budaya dan talenta musik di Tanah Air sudah memiliki satu wadah dengan adanya peluncuran Youtube Music ini," imbuhnya, melalui video konferensi pers, di Kantor Google Indonesia, Kebayoran Baru, Jakarta, Selasa (5/11).

Rubben menjelaskan pihaknya berupaya menghadirkan pengalaman mendengarkan musik yang lebih kaya, cerdas, dan imersif melalui Youtube music. Perangkat tersebut lantas hadir dalam dua layanan yaitu Youtube Music dan Youtube Music Premium.

Pengguna mendapatkan layanan secara gratis melalui Youtube Music yang didukung iklan. Sementara Youtube Music Premium hadir dengan opsi langganan atau berbayar yang memungkinkan pengguna dapat memutar lagu dan video di latar belakang, sehingga mereka tetap bisa mendengarkan musik sambil memakai aplikasi lain, menulis pesan, bahkan saat berolahraga dengan keadaan ponsel terkunci. Selain itu, layanan premium menawarkan fitur unduh offline dan pengalaman mendengar musik tanpa iklan dengan biaya Rp49.000 per bulan.

Product Manager Youtube Music, Brandon Bilinski yang turut hadir dalam video koferensi pers mengatakan Youtube Music dilengkapi teknologi Machine Learning. Sehingga penggunanya bisa memperoleh pengalaman personal yang sangat baik karena Google bisa menyesuaikan playlist di saat yang tepat.

Youtube Music turut dilengkapi dengan Smart Download dan Smart Search. Namun demikian, lanjut Brandon, Smart Download hanya tersedia di Android yang akan mengunduh hingga 500 lagu berdasarkan selera musik pengguna. Proses unduh berlangsung pada malam hari dengan Wi-Fi, dan dapat diatur sesuai keinginan pengguna lewat 'Setelan'.

Sedangkan Smart Search, kata Brandon, membantu pengguna untuk menemukan lagu yang mereka cari. "Kami akan temukan lagu yang Anda cari, meskipun Anda tidak tahu judulnya. Ingin mencoba lagu rap yang ada suara sulingnya? Serahkan pada kami. Anda juga bisa menelusuri liriknya, meskipun lirik yang diketahui sebelumnya salah," tutur Brandon. (M-3)

Baca juga :Berlarilah walau hanya Berlari Kecil

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More