Rabu 06 November 2019, 14:03 WIB

Presiden Minta Perbankan Turun ke Pelosok Daerah

Damar Iradat | Politik dan Hukum
Presiden Minta Perbankan Turun ke Pelosok Daerah

ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka Indonesia Banking Expo 2019 di Jakarta, Rabu (6/11/2019)

 

PRESIDEN Joko Widodo menyebut daerah di wilayah Timur Indonesia membutuhkan bantuan perbankan. Karena itu, Presiden meminta para direksi perbankan untuk langsung turun ke pelosok daerah, termasuk Papua.

"Bapak ibu sekalian juga tolong datangi. Pak Dirut, Pak Direksi tolong datangi. Ooh ini loh Indonesia. Ooh ternyata Indonesia tidak hanya Sudirman, Thamrin. Tapi ada Nduga, Wamena, Yahukimo, memerlukan sentuhan semuanya dari bapak ibu sekalian," kata Jokowi saat sambutan dalam pembukaan Indonesia Banking Expo, di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (6/11).

Bahkan, Jokowi juga menyebut jika bank nasional perlu membuka cabang di daerah-daerah terpencil. Menurut dia, pelaku dunia perbankan harus turun melihat rakyat kecil.

"Jangan hanya berkantor di Jakarta saja. Buka (kantor) cabang di Wamena," jelas dia.

Baca juga: Soal UMK, Jokowi: Perbankan Jangan Biayai yang Besar Saja

Tidak hanya itu, Jokowi juga meminta agar perbankan memberikan pembiayaan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Ia menyatakan dari data yang dipegang terdapat sekitar 60 juta pelaku UMKM.

Menurut mantan Wali Kota Solo, memberikan pinjaman kepada perusahaan besar memang akan mendatangkan keuntungan besar bagi perbankan. Namun demikian, perbankan juga wajib memberikan bantuan pembiayaan kepada pelaku UMKM.

"Kalau yang kecil biaya lebih tinggi, capek, untungnya lebih kecil. Saya tahu. Tapi saya mengajak kepada kita semuanya untuk mulai mau memperhatikan mereka untuk masa depan bangsa dan negara kita," ungkapnya.(medcom.id/OL-5)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More