Rabu 06 November 2019, 13:21 WIB

Soal UMK, Jokowi: Perbankan Jangan Biayai yang Besar Saja

Ihfa Firdausya | Ekonomi
Soal UMK, Jokowi: Perbankan Jangan Biayai yang Besar Saja

MI/Ramdani
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo mengimbau perbankan untuk lebih memberikan perhatian kepada usaha mikro dan kecil (UMK). Jokowi juga ingin perbankan tidak hanya memberikan bantuan pembiayaan kepada usaha-usaha besar.

"Di tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi dunia, perbankan harus mendorong penyaluran kredit bagi usaha mikro dan kecil. Berikan prioritas ke sana agar gini rasio kita, gap kesenjangan, kita bisa diperkecil," ujar Presiden Jokowi ketika memberikan pidato pada acara Indonesia Banking Expo (IBEX) 2019 di Hotel Fairmont Jakarta, Rabu (6/11).

Presiden Jokowi ingin perbankan lebih kontributif untuk meningkatkan kelas pengusaha.

"Dari yang mikro naikkan jadi usaha kecil, yang kecil naikkan lagi ke usaha menengah, kemudian yang tengah didorong untuk menjadi besar," imbuh presiden.

"Untuk itu, saya mengajak jangan hanya membiayai yang besar-besar saja, memang enak membiayai yang besar, saya tahu. Berikan hati kita pada yang kecil-kecil, pada yang mikro. Jangan gak mau capek untuk mengawal yang kecil. Kawal mereka yang mikro yang kecil-kecil ini. Gede banget jumlahnya," terang presiden.

Presiden Jokowi mengingatkan bahwa ada sekitar 60 juta UMK yang harus dibantu.

"Berikan! Jangan yang ngurus hanya BRI saja. Yang lain, urus itu yang kecil-kecil yang daerah, desa, pelosok. Saya ingin mengingatkan itu pada kesempatan yang baik ini," pungkasnya. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More