Rabu 06 November 2019, 12:59 WIB

Tiga Desa Dilatih Teknik Panen Air Hujan

Widjajadi | Nusantara
Tiga Desa Dilatih Teknik Panen Air Hujan

MI/Widjajadi
Suasana pelatihan teknik panen hujan di Desa Johunut, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Rabu (6/11/2019).

 

PERGANTIAN musim dari kemarau ke musim hujan sangat ditunggu ribuan warga sejumlah desa di kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah yang saat ini masih mengalami krisis air bersih. Pelatihan mitigasi kebencanaan selalu diikuti warga agar kedepan semakin tangguh di dalam menyikapi bencana kekeringan.

Beberapa hari terakhir di awal November ini, mereka antusias mengikuti pelatihan mitigasi. Khususnya pembelajaran teknik panen air hujan dan juga pemetaan sumber air dan sungai bawah tanah, yang sangat berguna saat musim kering menyergap desa mereka.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Bambang Haryanto mengakui bersama Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) terus memberikan pendampingan ke sejumlah desa rawan bencana. Tujuannya untuk pemberdayaan warga dalam upaya penanggulangan bencana.

"Kemarin kita laksanakan pendampingan dan fasilitasi pembentukan desa tangguh bencana di tiga desa di Paranggupito. Semua pembiayaan  Destana Pratama dengan menggunakan dana APBDesa," kata Bambang, Rabu (6/11/2019).

Tiga desa yang dibentuk menjadi Destana Pratama di Paranggupito itu adalah, Desa Kethos, Desa Johunut  dan Desa Gendayaan. Masing masing mengajukan 20-30 warganya untuk dilatih sebagai relawan, yang paham tentang manajemen kebencanaan.

baca juga: Sulawesi Selatan Siap Kembangkan Agrowisata

Pasalnya desa-desa di Kecamatan Paranggupito selalu didera krisis air bersih setiap musim kemarau. Materi pelatihan diarahkan bagaimana warga menjadi relawan tangguh dalam mengatasi berbagai dampak yang terjadi saat musim kemarau datang. Warga, lanjut Bambang Haryanto, harus paham tentang peta dan dokumen kerawanan bencana.

"Kita beri materi tentang kajian resiko dan dokumen rencana kontijensi, pemetaan potensi sumber air baku, bagaimana merawah penampungan air hujan, dan juga tentang teknim panen air hujan," pungkas Bambang. (OL-3)

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

New Normal, Gubernur Sumsel Minta Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 27 Mei 2020, 12:59 WIB
Pemerintah tentu tidak serta merta begitu saja mengeluarkan kebijakan untuk melakukan new normal di beberapa daerah. Terlebih covid-19...
ANTARA FOTO/Septianda Perdana

35 Ton Bawang Merah Ilegal Asal Malaysia Masuk Belawan

👤Yoseph Pencawan 🕔Rabu 27 Mei 2020, 12:41 WIB
Ali Jamil, Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), mengungkapkan pihaknya sedang menindaklanjuti kasus pemasukan ilegal 35 ton bawang...
MI/Rendy Ferdiansyah

Belitung Rawan Penyebaran Covid-19 Transmisi Lokal

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Rabu 27 Mei 2020, 12:34 WIB
Belitung diwaspadai sebagai daerah paling rawan penyebaran transmisi lokal...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya