Rabu 06 November 2019, 04:40 WIB

Pemilihan Dirut BUMN Besar melalui Tim Penilai Akhir

(Mir/E-1) | Ekonomi
Pemilihan Dirut BUMN Besar melalui Tim Penilai Akhir

MI/RAMDANI
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir

 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan akan menyiapkan Direktur Utama PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) atau MIND ID yang baru sebagai pengganti Budi Gunadi Sadikin yang telah diangkat menjadi Wakil Menteri (Wamen) BUMN.

Erick menuturkan pihaknya akan melibatkan Tim Penilai Akhir (TPA) yang diketuai Presiden Joko Widodo untuk penunjukan Direktur Utama baru Inalum sehingga pemilihan bisa berlangsung secara transparan.

Pelibatan TPA akan dilakukan dalam penunjukan posisi direktur utama di BUMN yang besar.

"Saya rasa 25-30 perusahaan yang besar berdasarkan aset dan pendapatan, ya memang sebaiknya di TPA, biar transparan pemilihannya, dan juga pihak yang mendapat kesempatan memimpin bisa benar-benar menjalankan tugas dengan baik," kata Menteri Erick di Jakarta, kemarin.

Ia menjelaskan Dirut Inalum harus memiliki dua kriteria yang telah ditetapkan. Pertama, memiliki pengalaman sesuai bidangnya seperti pertambangan karena banyak anak usaha PT Inalum yang bergerak di sektor tersebut.

"Kita harapkan orang yang punya background di pertambangan. Apalagi di anak perusahaan cukup berbeda, seperti ada PT Timah, PT Antam, PT Bukit Asam, dan lainnya," ujarnya.

Kriteria kedua ialah calon Dirut PT Inalum juga harus memiliki latar belakang di bidang keuangan karena ia harus mampu memahami kondisi keuangan perusahaan sekaliagus anak usahanya.

Selain PT Inalum, PT Bank Mandiri juga merupakan perusahaan milik negara yang kursi dirutnya tengah kosong.

Namun, Erick mengungkapkan bahwa Dirut Bank Mandiri akan segera diumumkan saat rapat umum pemegang saham (RUPS) pada 8 Desember mendatang.

"Dirut Mandiri sudah putus. Kita tunggu saja di RUPS-nya tanggal 8 Desember," ujarnya.

Selain Dirut MIND ID dan Bank Mandiri, posisi Dirut Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk dan juga Dirut Perusahaan Listrik Negara (PLN) juga masih belum terisi.

Pengisian Dirut BTN dan PLN perlu segera untuk membuat direksi lebih efektif bekerja dan mengambil keputusan bisnis. (Mir/E-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More