Selasa 05 November 2019, 23:40 WIB

Menggali Potensi Diaspora Indonesia di Taiwan

Menggali Potensi Diaspora Indonesia di Taiwan

MI/Susanto
Chairman and Board of Trustee IDN Global, Dino Patti Djalal

 

PARA diaspora Indonesia diminta memberikan kontribusi dan potensi yang dimilikinya semaksimal mungkin.

Terdapat kurang lebih 300 ribu diaspora Indonesia di Taiwan yang terdiri atas berbagai bidang keahlian, yang diharapkan memberikan dampak yang luar biasa bagi kemajuan bangsa Indonesia apabila dapat dimaksimalkan potensinya.

Hal itu diungkapkan Chairman and Board of Trustee IDN Global, Dino Patti Djalal, dalam diskusi panel bertajuk Menggali Potensi Diaspora Indonesia di Taiwan di Lantai 1 Exhibition Hall Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei, 30 Oktober 2019.

IDN Chapter Taiwan meng­angkat isu yang didiskusikan terkait dengan memaksimalkan kontribusi dan tantangan pembangunan serta pengembangan SDM di bidang akademis, profesional, dan bisnis.

Dino juga menyampaikan pentingnya Badan Diaspora Nasional yang mewadahi kepentingan seluruh diaspora Indonesia.

Komisaris Indonesia Infrastructure Finance Mohamad Al-Arief menambahkan, diaspora memiliki tiga peran, yaitu konektor sebagai peng­hubung Indonesia dengan negara lain, inspirator dengan karya-karya inovatif yang mendunia, dan kontributor, baik berupa gagasan maupun pengabdian langsung untuk Indonesia.

Harapan besar selepas acara ini, yaitu agar para diaspora Indonesia di Taiwan bisa menumpahkan talenta dan keahlian yang dimiliki untuk bisa lebih berkontribusi dalam kemajuan bangsa Indonesia walaupun berada di luar negeri. Selain itu juga agar visi pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia pun bisa tercapai dengan baik. Sebagai salah satu perwakilan Indonesia di Taiwan, KDEI Taipei siap menjadi partner yang akan mendampingi para diaspora untuk mengeluarkan kontribusi terbaik yang disumbangkan para IDN Taiwan. (RO/I-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More