Selasa 05 November 2019, 18:40 WIB

Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Diproyeksikan Rampung Akhir 2020

Despian Nurhidayat | Olahraga
Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Diproyeksikan Rampung Akhir 2020

Antara/Ahmad Subaidi
Pembangunan Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021

SIRKUIT Mandalika di Nusa Tenggara Barat yang akan dijadikan sebagai arena balap motor MotoGP 2021 direncanakan rampung pada akhir 2020 mendatang.

Kepastian itu didapatkan usai pertemuan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Presiden Direktur PT. Pengembang Pariwisata Indonesia (ITDC) Abdulbar M, Mansoer di Kemenpora, Selasa (5/11). ITDC merupakan pengembang Sirkuit Mandalika.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri Ketua Umum Ikatan Motorsport Indonesia (IMI) Sadikin Aksa itu, Zainudin menyebutkan persiapan penyelenggaraan balap motor paling bergengsi itu sesuai dengan perencanaan.

"Dari yang mereka sebutkan schedule nya masih jalan dan prosesnya masih oke. Akhir 2020 kabarnya semuanya akan diselesaikan, tapi untuk sekarang belum ada blueprint atau paperwork yang bisa dibagikan karena ini masih internal," kata Zainudin isao pertemuan.

Abdulbar menjelaskan, Sirkuit Mandalika akan menjadi sirkuit jalanan (street circuit) perdana yang akan digunakan di ajang MotoGP. Berdasarkan kontrak dengan Dorna Sports, ajang MotoGP di Mandalika akan berlangsung selama 5 tahun.

Baca juga : MotoGP Mandalika Diyakini Sedot Banyak Penonton

"Nanti akan ada dua kelas balap dunia yang diantaranya ialah MotoGP dan kami akan membangun Street Circuit yang akan menjadi pertama kalinya di dunia," tambah Abdulbar.

Ia menjanjikan, Sirkuit Mandalika akan menonjolkan sejumlah kendahan alam di NTB, seperti pemandangan pantai dan pesona alam lainnya. Ia menyebut, antusiasme masyarakat pun cukup tinggi terhadap penyelenggaraap MotoGP di Mandalika.

Di fase persiapan ini, ujar Abdulbar, pihaknya juga menjalin komunikasi intensif dengan IMI terkait pembangun sirkuit. Nantinya, Sirkuit Mandalika juga akan menggelar ajang tes pramusim MotoGP

"Kita sudah memegang lisensi dan kita sudah tahap penggalian badan jalan. Kita meninjau perkembangan, dari awal dan kami juga selalu berdiskusi dengan IMI. Bahkan sampai detik ini kami masih intens berdiskusi dengan IMI agar penyelenggaraan ini bisa berjalan lancar dan juga memang harus mulai dari sekarang dan jangan terlambat," pungkasnya.

Ketua IMI Sadikin Aksa menegaskan, pihaknya siap mendukung pelaksanaan MotoGP 2021 di Mandalika. Pihak IMI juga akan memastikan sirkuit itu akan memenuhi standar Federasi Balap Motor Internasional (FIM) dan terhomologasi dengan baik.

"Kami memastikan homologasinya baik dan kami siap bekerjasama supaya event ini terselenggara dengan baik. Kami IMI siap untuk mensupport 100% supaya balapan Moto GP kembali ke indonesia," pungkas Sadikin. (OL-7)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More