Selasa 05 November 2019, 17:48 WIB

Gamelan Diusulkan Warisan Budaya UNESCO

Ardi Teristi | Humaniora
Gamelan Diusulkan Warisan Budaya UNESCO

ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww.
Gamelan

 

PADA 2021, Indonesia akan mengusulkan gamelan untuk menjadi warisan budaya tak benda (Intangible cultural heritage) UNESCO.

"Kami harus memilih satu untuk diusulkan setiap dua tahun. Untuk 2021, kami akan mengusulkan gamelan," kata Kepala Sub Direktorat Warisan Budaya Tak Benda (WBTB), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Binsar Simanullang, di sela-sela acara 7th ASEAN Traditional Textile Symposium (ATTS), hari ini.

Pihaknya saat ini sedang melengkapi dengan foto, video, dan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk meyakinkan UNESCO. Salah satu institusi yang digandeng untuk melengkapi data-data tersebut adalah ISI Solo

Sementara itu, pada 2019 ini, Indonesia sudah mengajukan pencak silat untuk Intangible cultural heritage UNESCO. Pengumumannya akan disampaikan dalam sidang UNESCO di Bogota, Kolombia pada Desember ini.

Ia mengatakan predikat dari UNESCO berpengaruh terhadap kelestarian budaya tersebut. Tari Saman, contohnya. Sebelum ditetap warisan budaya oleh UNESCO, peminat tari Saman sedikit. Namun, setelah ditetapkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO, peminat tari Saman meningkat signifikan.

Binsar juga menyampaikan, untuk mengantisipasi klaim negara lain atas warisan budaya Indonesia, pencatatan adalah hal yang sangat penting. Oleh sebab itu, pihaknya telah melakukan pencatatan dan penetapan warisan budaya.

Contohnya, Kementerian Pendidikan & Kebudayaan hingga tahun 2019 ini telah menetapkan 39 wastra Nusantara menjadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia, diantaranya batik, ulos, tenun ikat dan songket.

Ia mengatakan, acara simposium internasional semacam ini juga bisa mengantisipasi pengakuan negara lain atas warisan budaya Indonesia. Lewat simposium internsional, dunia akan tahu kekayaan budaya Indonesia. (OL-11)

 

Baca Juga

ANTARA/Rony Muharrman

Hujan Lebat Disertai dan Angin Kencang masih Landa Tanah Air

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 08 April 2020, 08:33 WIB
Humas BMKG Taufan Maulana, mengatakan intrusi udara kering dari Belahan Bumi Utara (BBU) melintasi wilayah Samudra Pasifik Utara...
ANTARA/Wahyu Putro A

Prajogo Pangestu Tambah Donasi untuk Tangani Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 April 2020, 07:56 WIB
Sampai saat ini, bantuan yang telah diberikan Prajogo Pangestu melalui Barito Pacific Group telah mencapai Rp40...
Ist

Sumbangan Rp10 Miliar untuk Rumah Sakit BUMN Penanganan Covid-19

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 April 2020, 06:17 WIB
Bantuan dikirimkan ke Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri yang kemudian disalurkan kepada rumah sakit...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya