Selasa 05 November 2019, 17:04 WIB

Lapangan Pendukung Piala Dunia di Solo Butuh Bantuan Pusat

Widjajadi | Olahraga
Lapangan Pendukung Piala Dunia di Solo Butuh Bantuan Pusat

ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/pd.
Stadion Manahan, Solo

LIMA lapangan pendukung untuk latihan peserta piala dunia U-20 pada 2021 di Kota Surakarta, Jawa Tengah (Jateng) butuh anggaran dari pemerintah pusat.

Kelima venue itu yakni lapangan Kota Barat, Stadion Sriwedari, lapangan Karangasem, lapangan UNS, dan lapangan Banyuanyar.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surakarta, Joni Sumantri, seiring munculnya maklumat FIFA yang  mempercayakan Indonesia sebagai tuan rumah piala dunia U-20 dan Kota Solo terpilih menjadi satu dari 10 kota di tanah air yang akan menggelar pertandingan sepakbola sejagat di Stadion Manahan.

"Dengan terpilihnya Stadion Manahan sebagai venue piala dunia U-20, Pemkot Surakarta  harus mempersiapkan lapangan pendukung untuk sarana latihan bagi tim-tim peserta ," ungkap Joni.

Menurutnya, terkait keberadaan Stadion Manahan yang menjadi venue pertandingan, FIFA sudah menyatakan memenuhi standar internasional. Sejauh ini stadion masih terus dipoles dan pengelolaanya masih menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR dan belum diserahkan ke Pemkot Surakarta.

''Kita belum memfungsikan sesuai sesuai kebutuhan. Saat ini semua kegiatan menggunakan fasilitas Stadion Manahan harus izin Kementerian PU-PR atau setidaknya berkoordinasi dengan Kementerian PU-PR,'' imbuh Joni.

Hal berbeda dengan keberadaan lima lapangan pendukung yang disiapkan untuk latihan tim peserta. FIFA menginginkan, rumput yang ada di pendukung harus berstandar sama dengan Manahan.

"Setidaknya satu lapangan membutuhkan dana sekitar Rp4,5 miliar - Rp5 miliar. Itupun hanya untuk rumput. Kalau dana sebegitu besar dibebankan APBD Surakarta, sangat berat,'' terang Joni.

Bahkan ungkapnya, untuk fasilitas ruang ganti, toilet, dibutuhkan standarisasi internasional. Hal pembenahan lain yang perlu adalah
keberadaan lampu pendukung untum latihan malam hari.Saat ini yang memiliki fasilitas lighting hanya Stadion Sriwedari. (OL-11)

 

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More