Selasa 05 November 2019, 15:07 WIB

Sejumlah Daerah di Temanggung Kekeringan

Toshi Wicaksono | Nusantara
Sejumlah Daerah di Temanggung Kekeringan

Ilustrasi
Ilustasi

 

SEJUMLAH daerah di wilayah Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah masih dilanda kekeringan. Akibatnya petani belum berani tanam dan masa tanam padi di daerah ini dipastikan mundur lagi.

Toni,47, seorang petani di Desa Ketitang, Kecamatan Jumo, mengatakan, beberapa kali memang sudah turun hujan, karenanya sudah ada sedikit air yang mengalir. Hanya saja memang air yang tersedia belum cukup untuk tanam padi, sehingga ia belum memulai tanam.

"Memang sudah ada air, tapi belum cukup untuk tanam padi, sehingga lahan saya masih belum bisa ditanami. Hujan juga belum merata," katanya.

Terakhir, Toni menanam tembakau dan baru selesai panen sekitar dua bulan lalu. Sejak itu lahan seluas 0,25 hektare miliknya dibiarkan bero atau tidak ditanami. Ia memperkirakan sekitar pertengahan atau akhir bulan November, frekuensi hujan sudah tinggi sehingga ia bisa mulai tanam padi.

Selain mundurnya masa tanam, kemarau panjang membuat warga Ketitang juga mengalami krisis air bersih. Menurut Toni, sumur-sumur warga masih kering. Untuk keperluan sehari-hari, warga masih mengandalkan bantuan air bersih dari Pemerintah Daerah (Pemda).

"Kita sudah bikin sumur bor buat warga, tapi belum bisa mengairi semuanya. Jadi air masih dibantu pemda," kata Toni.

Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Temanggung, Gito Walngadi, mengatakan, hingga kini masih ada lima titik lokasi yang membutuhkan bantuan air bersih. Yakni Desa Tlogopucang di Kecamatan Kandangan, Kecamatan Selopampang, Kecamatan Kaloran, Kecamatan Candiroto, dan Desa Gentan di Kecamatan Kranggan.

Sebelumnya ada 12 dari total 20 kecamatan di Kabupaten Temanggung mengalami krisis air bersih. Pihak BPBD setempat telah mendistribusikan 1.226 tangki bantuan air bersih sejak 17 Juni 2019. (OL-11)

 

Baca Juga

MI/Ferdinus Rabu

Stok Bahan Pokok di Bulog Larantuka Cukup untuk 4 Bulan

👤Ferdinandus Rabu 🕔Kamis 02 April 2020, 13:40 WIB
PERUM Bulog Laratuka menjamin ketersediaan beras dan kebutuhan pokok lainnya selama empat bulan mendatang. Masyarakat tidak perlu...
Antara

113 Warga Magelang Jalani Rapid Test, 110 Negatif Covid-19

👤Tosiani 🕔Kamis 02 April 2020, 13:00 WIB
Pemkab Magelang telah melakukan rapid tes pada 113 orang dalam pemantauan (ODP). Hasil sementara tiga orang dinyatakan positif covid-19,...
MI/Wibowo Sangkala

Dijanjikan Hotel Bintang, Penginapan Tenaga Medis Memprihatinkan

👤Wibowo Sangkala 🕔Kamis 02 April 2020, 12:58 WIB
Tempat menginap para tenaga medis di Provinsi Banten sangat memprihatinkan. Padahal Pemprov Banten menjanjikan fasilitas bintang...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya