Selasa 05 November 2019, 13:42 WIB

15 Pemimpin Negara RCEP Sepakati Substansi Kerja Sama

Andhika Prasetyo | Ekonomi
15 Pemimpin Negara RCEP Sepakati Substansi Kerja Sama

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) berfoto bersama sejumlah kepala negara dan kepala pemerintahan negara-negara peserta KTT ke-3 RCEP

 

KEPALA negara ASEAN, Australia, Selandia Baru, Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan menyepakati negosiasi berbasis teks yang tertuang dalam 20 bab dan semua isu akses pasar maupun legal scrubbing Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

Diharapkan penandatanganan bisa dilaksanakan pada 2020. Dari 16 negara yang tergabung dalam RCEP, ada satu negara yang masih sulit menerima berbagai kesepakatan bersama yakni India.

India memiliki masalah luar biasa signifikan yang masih belum terselesaikan.

"Tetapi semua negara RCEP akan bekerja sama untuk menyelesaikan masalah-masalah ini dengan cara yang saling menguntungkan. Keputusan akhir India akan tergantung pada solusi yang terbaik dari masalah ini," demikian isi Pernyataan Bersama Para Pemimpin Negara RCEP.

Baca juga: Pembahasan RCEP Rampung November 2019

Pernyataan bersama itu disampaikan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) ke-3 di Bangkok, Thailand, Minggu (4/11).

Dengan latar belakang perubahan lingkungan global yang cepat, penyelesaian negosiasi RCEP akan menunjukkan komitmen bersama terhadap perdagangan dan investasi terbuka di seluruh kawasan.

Para pemimpin negara telah menegosiasikan perjanjian yang bertujuan untuk memperluas dan memperdalam rantai nilai regional untuk keuntungan bisnis termasuk usaha kecil dan menengah, pekerja, produsen dan konsumen.

RCEP secara signifikan juga akan meningkatkan prospek pertumbuhan masa depan kawasan dan berkontribusi positif terhadap ekonomi global, sekaligus berfungsi sebagai pilar pendukung sistem perdagangan multilateral yang kuat dan promosi pembangunan ekonomi di wilayah tersebut.(OL-5)

Baca Juga

Antara/Dedhez Anggara

WFH tak Ganggu Penyaluran FLPP bagi MBR

👤Suryani Wandari Putri Pertiwi 🕔Rabu 01 April 2020, 00:27 WIB
Total penyaluran FLPP sejak 2010 hingga per 31 Maret 2020 telah mencapai Rp47,188 Triliun untuk 683.714 unit...
Dok Kemenkominfo

Pemerintah Luncurkan Aplikasi Berbasis AI untuk Perangi Korona

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Maret 2020, 22:02 WIB
Teknologi AI menghubungkan data berbasis peta dan lingkungan sekitar melalui perangkat telepon seluler (ponsel) dan terhubung dengan...
MI/Fransisco Carolio Hutama Gani

BPS akan Rilis Inflasi Maret, Berapa Proyeksi Inflasi dari BI?

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 31 Maret 2020, 20:58 WIB
Inflasi pada Maret 2020 akan diperkirakan sebesar 3% jika dilihat secara...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya