Senin 04 November 2019, 21:24 WIB

Parade Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2019 Pukau Warga Tondano

mediaindonesia.com | Humaniora
Parade Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2019 Pukau Warga Tondano

Istimewa/Kemenpora
Budaya dan seni dari 34 provinsi ditampilkan pada saat parade para peserta Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2019 di Tondano, Minahasa, Sulut.

 

KEANEKARAGAMAN budaya dan seni dari 34 provinsi ditampilkan pada saat parade para peserta Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2019, yang digelar di pusat Kota Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut), Senin (4/4). Warga Tondano antusias menyaksikan parade yang diwarnai dengan aksi pertunjukkan dari setiap tim provinsi.

Bupati Minahasa Royke Roring pun memberikan pujian kepada para peserta, yang tampil untuk mementaskan seni budaya daerah masing-masing peserta.

"Sepanjang rangkaian kegiatan, sampai pada parade budaya yang sangat meriah ini kami sangat mengapresiasi kepada seluruh peserta yang menampilkan budaya daerahnya," kata Royke yang didampingi Wakil Bupati Robby Dondokambey.

Royke mengungkapkan, dari parade tersebut selain masyarakat Minahasa bisa mengenal budaya dari daerah lain, tapi juga menanamkan rasa kebersamaan di antara para peserta.

"Dan melalui kegiatan ini tertanam rasa persaudaraan serta persatuan dan kesatuan di antara," ujarnya.

Royke juga berharap, dari pelaksanaan JPI 2019 di Minahasa, para peserta dapat mendapatkan kesan yang baik dari tuan rumah.

"Saya harap juga para peserta sampai berakhirnya kegiatan nanti mendapatkan kesan positif. Sehingga membawa kenangan yang indah saat berada di Minahasa," kata dia.

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang Peningkatan Wawasan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Arifin Madjid mengaku sangat terkejut dengan antusiasme dari masyarakat Minahasa menyaksikan parade budaya tersebut.

"Sambutan masyarakat sangat luar biasa. Dan pelaksanaan parade ini sangat meriah. Masyarakat Minahasa sangat antusias, baik itu selama kegiatan di arena jambore sampai pada parade budaya ini," ujar Arifin.

Ia mengatakan, kegiatan ini diharapkan bisa memperkenalkan, serta saling mengenal keanekaragaman budaya di Indonesia.

Pada parade tersebut juga, para peserta berkesempatan memberikan cendramata, dan kerajinan tangan tradisional dari 34 provinsi, kepada Bupati Royke Roring, dan Wabup Robby Dondokambey. (OL-09)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More