Senin 04 November 2019, 21:30 WIB

Raja Sapta Resmi Bertugas Jadi Ketum KOI

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Olahraga
Raja Sapta Resmi Bertugas Jadi Ketum KOI

ANTARA
Raja Sapta Oktohari (kiri) sedang berbincang dengan Menteri BUMN Erick Thohir

RAJA Sapta Oktohari resmi menerima jabatan Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) periode 2019-2023 usai melangsungkan serah terima jabatan dari pimpinan sebelumnya, Erick Thohir.

Proses sertijab berlangsung di Kantor Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang terletak di Lantai 16 Gedung Fx Sudirman, Jakarta, Senin (4/11).

Okto, sapaan akrabnya, mengatakan jika tugas menjadi Ketum KOI merupakan tugas yang berat. pasalnya, banyak tantangan yang telah menanti KOI. Tugas menjadi tuan rumah berbagai event internasional, maupun memastikan prestasi dari atlet Indonesia di kancah dunia.

"Ini berat. tapi kami sangat yakin dengan kerjasama yang baik, saya harap Indonesia akan kembali tampil dan jadi pemenang di ajang bergengsi," tutur Okto, Senin (4/11).

Ia pun ingin seluruh stakeholder terkait, termasuk Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) bisa selaras dan bersinergi untuk memajukan olahraga nasional lebih baik lagi.

Hal senada diungkapkan oleh Zainudin Amali selaku Menpora. Ia mengaku tidak ragu dengan kepengurusan KOI sekarang, karena Zainudin ingin kedepannya, tak ada polemik antarpemangku kepentingan olahraga.

 

Baca juga: Menu Latih Tanding jadi Santapan Petinju Jelang SEA Games


"Kalau ada masalah dengan saya tolong sampaikan saja, jangan dijadikan polemik. Kita harus saling koordinasi, tidak bisa kita jalan sendiri-sendiri," ucap Zainudin dalam acara sertijab.

"Kepada Okto dan pengurus baru KOI, saya kira teruskan. Anda jangan merasa ini sulit karena menghantikan orang yang levelnya tinggi.

"Kalau pikiran atlet itu, ada tantangan tinggi ya harus dipecahkan rekornya. Jadi cara mengelola organisasi olahraga harus sama dengan pemikiran atlet," tambahnya.

Kedepannya, tugas berat sudah menanti Okto dan kepengurusan baru KOI. Indonesia cukup aktif menyelenggarakan ajang internasional di masa mendatang.

Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan Formula E 2020 Jakarta, MotoGP 2021 Mandalika, Piala Dunia U-20 2021, sampai Piala Dunia Basket 2023.

"Tugas utama NOC Indonesia adalah menjadi tuan rumah dari event-event yang kancahnya level dunia, sekaligus bertugas mengantarkan atlet-atlet kita menduduki peringkat-peringkat terbaik di dunia," ujar pria yang sempat menjabat ketua panitia Asian Para Games 2018 itu. (OL-1)

Berita Terkini

Read More

Poling

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem zonasi menimbulkan polemik di tengah masyarakat. Setujukah Anda dengan kebijakan zonasi tersebut?





Berita Populer

Read More